Duh! Nirpoin, Timnas Indonesia Setara Guam dan Sri Lanka

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Duh! Nirpoin, Timnas Indonesia Setara Guam dan Sri Lanka
Penggawa Timnas Indonesia, Hendro Siswanto (kiri) tampil pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G kontra Malaysia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019) malam WIB. [STR / AFP]

Timnas Indonesia sejauh ini masih nirpoin di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Suara.com - Timnas Indonesia setara dengan Guam dan Sri Lanka dalam hal masih nirpoin dari lima laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, sepanjang tahun 2019 ini.

Dikutip dari laman resmi FIFA, Rabu (20/11/2019), Guam yang berperingkat 196 FIFA berada di peringkat buncit klasemen sementara Grup A setelah di laga terkini, Selasa (19/11/2019), dikalahkan Maladewa dengan skor 1-3.

Sri Lanka juga ada di posisi juru kunci Grup H usai kemarin takluk 0-2 dari Turkmenistan. Sebagai informasi, Sri Lanka adalah negara Asia berperingkat FIFA terendah, yaitu posisi 203.

Sementara Indonesia yang menempati peringkat 171 FIFA --di atas Guam dan Sri Lanka, menghuni dasar klasemen Grup G. Skuat Garuda dikalahkan tuan rumah Malaysia 0-2 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019). malam WIB.

Sejatinya ada satu tim lagi yang belum menang di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia ini, yaitu Taiwan.

Akan tetapi, Taiwan baru melewati empat laga di Grup B dan posisinya di peringkat FIFA di atas Indonesia, yaitu peringkat 130.

Apapun itu, baik Indonesia, Guam, Sri Lanka dan Taiwan hampir tidak memiliki peluang untuk melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, yang nantinya akan bertarung dengan negara-negara raksasa Asia.

Sebab, selain harus memenangkan semua pertandingan sisa di tahun 2020, mereka pun mesti berharap secara bersamaan tim-tim di atasnya menelan rentetan kekalahanm agar bisa melanjutkan petualangan di Kualifikasi Piala Dunia.

Namun, keempat negara tersebut masih mempunyai peluang untuk lolos ke putaran final Piala Asia tahun 2023.

Sesuai regulasi, 12 tim terburuk di delapan grup putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dapat mengikuti putaran play-off untuk mengamankan delapan tempat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Jika sampai ke tahap itu, mereka akan bersua 16 tim Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, yaitu empat tim peringkat kedua di luar runner-up terbaik, delapan peringkat ketiga, serta dan empat peringkat keempat terbaik yang dipastikan mengikuti putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Adapun delapan juara grup dan empat peringkat kedua terbaik putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia akan menuju putaran ketiga, dan lolos langsung ke putaran final Piala Asia 2023 yang akan berlangsung di China.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS