Hantam Laos 4-0, Timnas Indonesia U-22 Lolos ke Semifinal SEA Games 2019

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Hantam Laos 4-0, Timnas Indonesia U-22 Lolos ke Semifinal SEA Games 2019
Penyerang Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Timnas Indonesia U-22 kembali menang telak pada matchday pamungkas Grup B cabang olahraga sepakbola SEA Games 2019.

Suara.com - Timnas Indonesia U-22 kembali menang telak pada laga terakhirnya di Grup B cabang olahraga sepakbola SEA Games 2019 Filipina.

Menghadapi Laos di Cavite Stadium, Imus Grandstand, Manila, Kamis (5/12/2019) sore WIB, Timnas Indonesia U-22 menang 4-0.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia U-22 pun menyegel kelolosan ke babak semifinal meski hanya berstatus runner-up Grup B.

Pada laga lainnya di saat yang bersamaan, Vietnam bermain imbang 2-2 dengan Thailand. Vietnam pun mengunci status sebagai juara Grup B, sementara Thailand harus angkat koper lebih awal. 

Melawan Laos, sampai half-time Timnas Indonesia U-22 unggul 1-0 berkat gol cepat Saddil Ramdani.

Dan di babak kedua, tim asuhan Indra Sjafri berhasil menambah tiga gol lagi. Osvaldo Haay mengemas brace, sementara satu gol lainnya tercipta via penalti Bagas Nugroho.

Jalannya Pertandingan

Timnas Indonesia U-22 menguasai permainan sejak laga dimulai. Terbukti, Garuda Muda --julukan Timnas Indonesia U-22-- sudah bisa mencetak gol pada menit keempat yang dibukukan oleh Saddil. 

Unggul 1-0, Timnas Indonesia U-22 terus mengurung pertahanan Laos. Beberapa kali Egy Maulana Vikri mengancam, namun belum ada gol tambahan yang tercipta.

Turun dengan starting eleven terbaik demi kelolosan ke babak semifinal, Timnas Indonesia U-22 memang mengincar banyak gol ke gawang Laos.

Namun, faktanya hingga menit ke-35 Timnas Indonesia U-22 belum bisa menambah keunggulan.

Laos sendiri disisi bukannya tak menyerang sama sekali. Menit ke-38, mereka sempat mengancam gawang Timnas Indonesia U-22 kawalan kiper Nadeo Argawinata.

Beruntung, tendangan bebas salah satu pemain Laos masih bisa ditepis oleh penjaga gawang andalan Borneo FC itu. 

Laos kembali mengancam setelah momen tersebut melalui corner kick. Sempat ada kemelut di depan gawang Timnas Indonesia U-22, beruntung situasi berbahaya tersebut bisa diredam.

Laos yang tampil tanpa beban di laga ini, lantaran sudah pasti tersingkir, cukup memberikan tekanan di akhir babak pertama ini. Namun, Timnas Indonesia U-22 bermain cukup apik dan terkoordinir di lini pertahanan. 

Hingga turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-22 Indonesia tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-22 kembali memberikan tekanan gencar.

Tak lama pasca restart, Timnas Indonesia U-22 menambah keunggulan menjadi 2-0. Osvaldo Haay mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-47. 

Setelah menciptakan gol kedua, Timnas Indonesia U-22 sama sekali tak mengendurkan serangan dan terus menggempur pertahanan Laos. Sayang hingga menit ke-70, belum ada gol tambahan lagi untuk skuat Garuda Muda. 

Menit ke-73, Timnas Indonesia U-22 akhirnya bisa memperlebar keunggulan mereka menjadi 3-0 via titik putih.

Bagas Adi sebagai eksekutor penalti gagal menunaikan tugasnya, namun ia tetap bisa mencetak gol setelah menyambar bola rebound hasil tepisan kiper Laos.

Jelang pertandingan berakhir, Timnas Indonesia U-22 memantapkan pesta gol mereka. Skor jadi 4-0 pada menit pamungkas waktu normal, setelah Osvaldo kembali mencatatkan namanya di papan skor. 

Tidak ada gol tambahan lagi hingga pertandingan selesai. Skor akhir 4-0 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-22.

Meski kembali menang telak, Timnas Indonesia U-22 pada akhirnya memang harus puas hanya menjadi runner-up di klasemen akhir Grup B. Ini setelah Vietnam bermain imbang 2-2 kontra Thailand.

Pada babak semifinal yang akan dihelat Sabtu (7/12/2019) mendatang, Timnas Indonesia U-22 pun akan menghadapi juara Grup A, Myanmar pada pukul 15.00 WIB.

Sementara itu, Vietnam sebagai kampiun Grup B akan menjajal kekuatan runner-up Grup A, Kamboja pada malam harinya.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Bahar, Bagas Adi, Andy Setyo, Nurhidayat Haji Haris; Evan Dimas, Zulfiandi, Syahrian Abimanyu; Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay.

Pelatih: Indra Sjafri.

Timnas Laos U-22 (4-4-2): Solasak; Bounpithak, Phomvingsa, Somsavath, Keuphouvong; Thanakhanty, Kaharin, Vanna, Somlith; Souk Aphone, Somxay

Pelatih: V. Sundramoorthy

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS