82,6 Persen Penguasaan Bola, Setien Kembalikan Barcelona Era Guardiola?

Rully Fauzi
82,6 Persen Penguasaan Bola, Setien Kembalikan Barcelona Era Guardiola?
Pelatih Barcelona, Quique Setien (kiri) di dugout pada laga lanjutan Liga Spanyol 2019/2020 kontra Granada di Camp Nou, Senin (20/1/2020) dini hari WIB. [LLUIS GENE / AFP]

Mendominasi ball possession nampaknya jadi filosofi pelatih anyar Barcelona, Quique Setien.

Suara.com - Quique Setien berhasil membawa Barcelona menang di laga perdananya menukangi klub berjuluk Blaugrana, meski hanya dengan skor tipis.

Sang pelatih anyar membawa Barcelona menang 1-0 atas Granada pada laga lanjutan Liga Spanyol 2019/2020 di Camp Nou, Senin (20/1/2020) dini hari WIB tadi.

Meski hanya menang tipis. Setien praktis bisa langsung memberikan warna 'baru tapi lama' dalam permainan Barcelona.

Ini setelah gaya bermain Barcelona cenderung monton bahkan membosankan di era pelatih sebelumnya, yakni Ernesto Valverde yang dipecat klub pada pekan lalu.

Usai laga kontra Granada, Setien pun dinilai telah mengembalikan identitas Barcelona yang sebenarnya.

Eks pelatih Real Betis itu dinilai berhasil mengembalikan gaya tiki-tika yang bertumpu pada ball possession, yang pernah dihadirkan Pep Guardiola saat masih menukangi Barcelona.

Melawan Granada, Barcelona memang mendominasi penguasaan bola hinga mencapai 82,6 persen, meninggalkan tim tamu hanya dengan raihan 17 persen saja.

Dari dominasi tersebut, Barcelona juga cukup banyak menciptakan peluang. Total ada 18 percobaan tembakan dari kubu Blaugrana, meski hanya enam yang on target.

Seperti dilansir Opta, Setien pun menorehkan rekor yang cukup apik usai Barca mencatatkan 82,6 persen penguasaan bola kontra Granada.

Pelatih berusia 61 tahun itu menjadi manajer kedua dengan presentase penguasaan bola tertinggi di pentas Liga Spanyol (setidaknya sejak musim 2005/2006). Well, Setien praktis hanya kalah dari Guardiola. 

Pada era Guardiola, tepatnya pada 2011 silam, Barcelona pernah mencatatkan penguasaan bola hingga mencapai 84 persen saat melawan Racing Santander, serta 83,9 persen saat melawan Levante di tahun yang sama.

Sebagai informasi, kemenangan Barcelona pada laga semalam ditentukan gol Lionel Messi pada menit ke-71.

Granada sendiri harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-69, setelah bek German Sanchez menerima kartu kuning keduanya usai melanggar Messi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS