Hasil Liga Champions: Tekuk PSG, Erling Haaland Jadi Pahlawan Dortmund Lagi

Rully Fauzi
Hasil Liga Champions: Tekuk PSG, Erling Haaland Jadi Pahlawan Dortmund Lagi
Penyerang andalan Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland usai mencetak gol ke gawang Paris Saint-Germain pada laga Liga Champions 2019/2020 di Signal Iduna Park, Rabu (19/2/2020) dini hari WIB. [Ina Fassbender / AFP]

Haaland melanjutkan performa spesialnya bersama Dortmund. Brace-nya membawa Dortmund menang 2-1 atas PSG.

Suara.com - Erling Braut Haaland terus melanjutkan performa sensasionalnya semenjak direkrut Borussia Dortmund dari RB Salzburg pada bursa transfer Januari 2020. Wonderkid asal Norwegia itu secara luar biasa kini telah mengemas 11 gol bersama Dortmund, hanya dari tujuh laga saja!

Teranyar, Erling Haaland mengukir dwigol untuk mengantar Dortmund membungkam raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) 2-1 pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2019/2020 di Signal Iduna Park, Rabu (19/2/2020) dini hari WIB.

Penyerang berusia 19 tahun itu telah mengemas delapan gol di babak fase grup Liga Champions musim ini saat masih berseragam Salzburg, dan ia meneruskan catatan apik tersebut dengan brace untuk Dortmund ke gawang PSG pada menit ke-69 dan 77.

Di antara dua gol tersebut, PSG yang dibesut eks pelatih Dortmund, Thomas Tuchel itu sejatinya sempat menyamakan kedudukan lewat gol sang megabintang, Neymar Jr pada menit ke-75.

Akan tetapi, klub berjuluk Les Rouge et Bleu akhirnya harus pulang dengan tangan hampa dari lawatan ke Jerman kali ini.

Jalannya Pertandingan

Di 10 menit awal, PSG tampil lebih menyerang ketimbang tuan rumah Dortmund. Neymar pun hampir saja membuka keunggulan untuk PSG pada menit ke-11 melalui tendangan bebas.

PSG kemudian mendapatkan tendangan sudut yang justru hampir berbuah gol bagi Dortmund.

Dari tendangan sudut tersebut, Jadon Sancho menginisiasi counter-attack cepat yang melibatkan lima pemain Dortmund lainnya. Sayang, akhirnya tembakan Sancho melebar.

Selanjutnya, kiper PSG Keylor Navas harus menepis sepakan melengkung Sancho yang kembali mengancam, sebelum Haaland gagal mengarahkan bola dengan sempurna pada peluang pertama miliknya.

Setelah itu, penyerang muda andalan PSG Kylian Mbappe dua kali melepaskan tembakan lurus ke arah kiper Dortmund, Roman Burki.

Kegagalan PSG memaksimalkan peluang akhirnya harus dibayar dengan gol pembuka yang dibukukan Haaland. Gol tercipta di babak kedua pada menit ke-69.

Gol itu diawali tembakan mendatar Raphael Guerreiro dari umpan tarik Achraf Hakimi yang dapat diblok di depan Navas, namun bola pantul mampu disambar Haaland untuk dikonversi menjadi gol.

PSG seolah tersengat setelah kemasukan. Mereka kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-75, saat Mbappe mengirim umpan kepada Neymar untuk diteruskan masuk ke gawang Dortmund. 1-1!

Namun hanya dua menit berselang setelah gol Neymar, Haaland kembali memperlihatkan mengapa Dortmund tertarik merekrutnya.

Bomber andalan Timnas Norwegia itu membukukan gol keduanya pada laga ini dengan memanfaatkan operan pemain pengganti, yakni youngster Giovanni Reyna.

Tertinggal 1-2, Neymar hampir kembali menyamakan kedudukan untuk PSG . Sayang, sepakannya mengenai tiang gawang, sembilan menit sebelum peluit panjang berbunyi.

Hingga laga rampung, Dortmund sendiri mampu mempertahankan keunggulan tipis 2-1 mereka.

Susunan Pemain

Borussia Dortmund (4-3-3): Roman Burki, Lukasz Pisczczek, Mats Hummels, Dan Zagadou, Achra Hakimi, Emre Can, Axel Witsel, Raphael Guerreiro, Jadon Sancho (Marcel Schmelzer 90'), Erling Braut Haaland, Thorgan Hazard (Giovanni Reyna 67').

Pelatih: Lucien Favre (Swiss)

PSG (4-3-3): Keylor Navas, Thomas Meunier, Presnel Kimpembe, Thiago Silva, Layvin Kurzawa, Marco Verratti, Marquinhos, Idrissa Gueye, Angel Di Maria (Pablo Sarabia 77'), Kylian Mbappe, Neymar Jr.

Pelatih: Thomas Tuchel (Jerman)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS