Piala Eropa Diundur, Keinginan Ronald Koeman Latih Barcelona Ikut Tertunda

Reky Kalumata
Piala Eropa Diundur, Keinginan Ronald Koeman Latih Barcelona Ikut Tertunda
Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman. [John MACDOUGALL / AFP]

Koeman memiliki klausul khusus dengan timnas Belanda

Suara.com - Pelatih timnas Belanda Ronald Koeman mengatakan bahwa klausul kontraknya dengan Barcelona ditunda hingga 2021. Hal itu setelah Piala Eropa 2020 resmi ditunda satu tahun karena pandemik virus corona.

Mantan bek Barcelona tersebut awalnya menjadi kandidat kuat menggantikan pelatih Ernesto Valverde di Camp Nou yang dipecat pada Januari dan digantikan oleh Quique Setien.

Koeman mengungkapkan bahwa kontraknya bersama timnas Belanda memiliki sebuah klausul khusus yang memungkinkan dirinnya untuk bergabung ke Camp Nou setelah Piala Eropa 2020.

Reaksi Ronald Koeman saat Everton dibantai Arsenal [AFP]
Reaksi Ronald Koeman saat Everton dibantai Arsenal [AFP]

Namun UEFA baru-baru ini memutuskan untuk menunda kompetisi terbesar Eropa tersebut selama satu tahun di tengah pandemik virus corona atau Covid-19 yang melanda benua itu.

Penundaan Piala Eropa juga otomatis memengaruhi klausul kontraknya bersama timnas Belanda.

"Klausul dalam kontrak saya untuk pergi ke Barcelona adalah setelah Kejuaraan Eropa usai," kata Koeman kepada Marca seperti dilansir Antara pada Rabu (17/3/2020).

"Belum ada tanggal yang disebutkan, jadi sekarang (klausul) ini berlaku setelah Kejuaraan Eropa pada 2021. Namun, saat ini saya belum memikirkannya."

Koeman belum lama ini mengungkapkan bahwa Barcelona sempat mendekatinya guna menggantikan Valverde, tetapi ia menolak tawaran klub Katalunya itu karena komitmennya untuk Belanda.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS