alexametrics

Timnas Indonesia U-19 Butuh Pertandingan Uji Coba Internasional

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Timnas Indonesia U-19 Butuh Pertandingan Uji Coba Internasional
Sejumlah pesepak bola mengikuti seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pesepak bola hadir mengikuti seleksi pemain Timnas U-19 yang kemudian akan dipilih 30 nama untuk mengikuti pemusatan latihan di Thailand. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Hal itu diungkapkan oleh salah satu legenda sepakbola Indonesia Bambang Nurdiansyah

Suara.com - Salah satu legenda sepakbola Indonesia Bambang Nurdiansyah menyebut Timnas Indonesia U-19 membutuhkan pertandingan uji coba internasional. Ia mengatakan tim arahan manajer pelatih Shin Tae-yong itu butuh diuji kemampuannya dengan tim di atas level skuat Merah Putih.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19 akan terjun di ajang Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober mendatang. Indonesia tergabung di Grup A bersama dengan tim tuan rumah, Kamboja, dan Iran.

Pelatih yang akrab disapa Banur itu melihat Garuda Nusantara --julukan Timnas Indonesia U-19-- kurang dalam hal uji coba internasional. Eks juru taktik Persija Jakarta itu menganggap pemain sulit berkembang jika tak ada uji coba.

Ketgam: Pelatih PSIS Semarang Bambang Nurdiansyah (kanan) dan pemainnya Wallace Costa (kiri) dalam jumpa pers usai laga kontra Persib Bandung di stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Rabu (6/11/2019), malam. PSIS kalah tipis 1-2 dari tuan rumah Persib dalam laga itu. [Suara.com/Aminuddin]
Bambang Nurdiansyah (kanan) saat masih melatih PSIS Semarang dan pemainnya Wallace Costa (kiri) dalam jumpa pers usai laga kontra Persib Bandung di stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Rabu (6/11/2019), malam. PSIS kalah tipis 1-2 dari tuan rumah Persib dalam laga itu. [Suara.com/Aminuddin]

Apalagi, Timnas Indonesia U-19 dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021. Tentu, lawan yang dihadapi Indonesia tidak sembarangan.

Baca Juga: Persija Berharap Pemain Mudanya Jadi Tumpuan Timnas Indonesia U-19

"Uji coba internasional itu penting untuk kita, karena yang saya lihat Timnas U-19, kita itu sangat kurang melawan tim yang ada di atas mereka," kata Banur saat dihubungi awak media.

"Kalau melakukan uji coba internasional, secara tidak langsung kepercayaan diri pemain akan terbentuk dan itu bagus untuk mereka. Karena lawan yang mereka hadapi tidak sembarangan di Piala Dunia U-20 nanti," tambahnya.

Banur juga melihat bahwa uji coba internasional itu penting bagi pelatih. Tim kepelatihan bisa menganalisa kekurangan tim asuhannya.

"Selain itu, bagi pelatih ada bagusnya juga. Apabila mereka terus (uji coba) melawan tim lokal, mereka tidak bisa menganalisis kekurangan apa saja yang ada di tim ini. Jadi, saya harap persiapan ini bisa diselingi dengan uji coba internasional," pungkasnya.

Baca Juga: Resmi, Ini Jadwal Lengkap Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia U-19 2020

Komentar