alexametrics

Shin Tae-yong Evaluasi Pemain Timnas Indonesia U-19 Usai TC di Kroasia

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Shin Tae-yong Evaluasi Pemain Timnas Indonesia U-19 Usai TC di Kroasia
Pelatih tim nasional Indonesia U-19, Shin Tae-yong (kiri) memimpin sesi latihan di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (20/8/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Juru racik asal Korea Selatan itu akan mempertahankan pemain yang punya kualitas bagus.

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mengaku bakal melakukan evaluasi pemain usai training camp (TC) di Kroasia selesai. Juru racik asal Korea Selatan itu akan mempertahankan pemain yang punya kualitas bagus.

TC di Kroasia dijadwalkan selesai pada 26 Oktober 2020. Setelah itu, para pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing dengan harapan bisa berkompetisi di Liga 1 atau Liga 2.

Pemain akan kembali dikumpulkan pada bulan Desember untuk melakukan TC selanjutnya yang dijadwalkan berlangsung di Prancis.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, saat memimpin anak asuhannya pada latihan perdana di Kroasia (dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, saat memimpin anak asuhannya pada latihan perdana di Kroasia (dok. PSSI)

"Siapa yang punya kualitas bagus tentunya akan dipertahankan," kata pelatih berusia 51 tahun tersebut dalam rilis resmi PSSI.

Baca Juga: Jika Kompetisi Tak Bergulir, Shin Tae-yong Lakukan Ini untuk Timnas U-19

Oleh sebab itu, Shin Tae-yong berharap kompetisi dilanjutkan. Dengan begitu, mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu bisa memantau perkembangan pemain.

Bahkan, ia bisa memanggil wajah baru jika memang punya kualitas. Shin Tae-yong merasa kompetisi sangat penting disaat tidak adanya pemusatan latihan tim nasional.

"Kompetisi sangat perlu agar pemain melakukan pertandingan untuk mengasah kemampuan mereka saat mereka tidak TC dengan tim nasional," pungkasnya.

Akan tetapi, keinginan Shin Tae-yong melihat pemain tampil di Liga 1 dan 2 belum pasti. Pasalnya, lanjutan kompetisi musim ini belum jelas jadi atau tidak.

Polri belum memberikan izin penyelenggaraan kompetisi musim ini lantaran penyabaran virus corona yang masih tinggi dan adanya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada akhir tahun 2020.

Baca Juga: Bagas Tunggu Bagus Gabung Skuat Timnas Indonesia U-19

Meski begitu, PSSI sedang berupaya agar mendapat restu dari Polri. Jika tak bisa bergulir di bulan November, akan dimundurkan sampai dengan Desember 2020 atau Januari 2021.

Komentar