alexametrics

Jika Kompetisi Tak Bergulir, Shin Tae-yong Lakukan Ini untuk Timnas U-19

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Jika Kompetisi Tak Bergulir, Shin Tae-yong Lakukan Ini untuk Timnas U-19
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, saat memimpin anak asuhannya pada latihan perdana di Kroasia (dok. PSSI)

Shin Tae-yong harus berpikir keras jika satu programnya tersebut tidak berjalan

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mengungkap pentingnya lanjutan Liga 1 dan 2 digulirkan sebagai salah satu program timnya. Dari situ ia bisa memantau perkembangan anak asuhannya atau mendapatkan pemain baru.

Seperti diketahui, training camp (TC) Timnas Indonesia U-19 di Kroasia akan berakhir pada 26 Oktober 2020. Para pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing dengan harapan bisa berkompetisi.

Namun, sejauh ini belum ada kejelasan kompetisi akan digulirkan. Belum ada tanda-tanda Polri menerbitkan izin keramaian untuk Liga 1 dan 2 musim ini.

Kepolisian belum mau mengeluarkan izin karena situasi pandemi COVID-19 di Indonesia yang masih tinggi. Selain itu, adanya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun ini jadi penyebabnya.

Baca Juga: Naruto Dikabarkan Meninggal, PSS Sleman: Turut Berbelasungkawa

Pelatih tim nasional Indonesia U-19, Shin Tae-yong (kiri) memimpin sesi latihan di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (20/8/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Pelatih tim nasional Indonesia U-19, Shin Tae-yong (kiri) memimpin sesi latihan di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (20/8/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Shin Tae-yong harus berpikir keras jika satu programnya tersebut tidak berjalan. Salah satu caranya adalah melakukan latihan virtual sebelum kembali berkumpul melakukan TC.

"Jika liga tidak bergulir pada 1 November 2020, kita akan melakukan latihan di rumah (virtual training) seperti kemarin," kata Shin Tae-yong dikutip dari Instagram PSSI, Jumat (23/10/2020).

"Dengan tidak adanya liga, kita sedikit kesulitan dalam membuat latihan yang pas," tambah juru taktik asal Korea Selatan itu.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 dipersiapkan untuk Piala Asia U-19 yang dijadwalkan bergulir awal tahun depan. Selain itu, Garuda Nusantara --julukan Timnas Indonesia U-19-- dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021, di mana Indonesia adalah tuan rumah.

Tentu, persiapan matang harus dilakukan. Apalagi, Timnas Indonesia U-19 diberi target paling tidak lolos dari fase grup Piala Dunia U-20 nanti.

Baca Juga: Bagas Tunggu Bagus Gabung Skuat Timnas Indonesia U-19

"Ujung dari sebuah kompetisi itu timnas. Karena di kompetisi resmi, pemain akan mendapatkan atmosfer pertandingan. Ini beda dengan kalau hanya training camp dan uji coba dengan timnas negara lain atau klub," tambahnya seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

Komentar