alexametrics

Cukur VVV Venlo 13-0, Ajax Amsterdam Cetak Sejarah

Rully Fauzi
Cukur VVV Venlo 13-0, Ajax Amsterdam Cetak Sejarah
Para pemain Ajax Amsterdam. [Kenzo Tribouillard / AFP]

Pembantaian terjadi di laga pekan keenam Eredivisie Belanda 2020/2021.

Suara.com - Ajax Amsterdam membukukan rekor kemenangan paling telak dalam sejarah klub di pentas Eredivisie, seusai mencukur VVV Venlo 13-0 dalam pekan keenam Liga Belanda 2020/2021 yang berlangsung di Stadion De Koel, Venlo, Sabtu (24/10/2020) malam WIB.

Kemenangan telak ini menjadi catatan sejarah baru bagi Ajax, setelah sebelumnya bisa menciptakan rekor gol selusin saat lawan Vitesse 12-1 pada musim 1971/72.

Lassina mencetak pancagol diiringi gol dari Jurgen Ekkelenkamp (2), Anthony, Dusan Tadic, Daley Blind, Klass Jan Huntelaar (2), dan Lisandro Martinez.

Raihan tiga poin ini sekaligus membawa Ajax memimpin klasemen sementara dengan raihan 15 poin dan hanya terpaut dua angka dari PSV Eindhoven yang baru bermain sehari berselang.

Baca Juga: Robert Lewandowski Hat-trick, Bayern Permak Eintracht Frankfurt 5-0

Laga baru berjalan 17 menit Ajax sudah unggul 2-0 berkat aksi dari Jurgen Ekkelenkamp dan Lassina Traore. Gol pertama Ajax tercipta saat Lassina Traore memberikan umpan manis kepada Ekkelenkamp yang tinggal menyonteknya.

Sementara gol kedua melalui sundulan Lassina Traore menyelesaikan umpan silang Anthony. Bola meluncur deras ke gawang Delano van Crooij.

Ajax benar-benar mengusai jalannya pertandingan. Mereka memaksa VVV Venlo hanya menunggu dan sesekali melakukan serangan balik. Saat bola sudah menyentuh lini pertahanan Ajax, bola kerap terblok.

Lassina Traore mencetak gol keduanya saat laga memasuki menit ke-32. Sontekannya menerima umpan matang Nicolas Tagliafico menggetarkan jala gawang Delano untuk yang ketiga kalinya.

Dusan Tadic kemudian menutup laga babak pertama dengan keunggulan 4-0. Umpan Sean Klaiber diselesaikan dengan sepakan mendatar yang mengelabui kiper.

Baca Juga: Kembali ke Jalur Kemenangan, Real Madrid Lucuti Barcelona 3-1 di Camp Nou

VVV semakin terpuruk setelah pemain bertahan Christian Kum mendapat kartu merah langsung dari wasit setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Anthony.

Komentar