alexametrics

PT LIB: Format Lanjutan Liga 1 2020 pada 2021 Segera Ditentukan

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
PT LIB: Format Lanjutan Liga 1 2020 pada 2021 Segera Ditentukan
Logo Liga 1 2020. (Suara.com/ Adie Prasetyo)

Liga 1 2020 sendiri baru berjalan tiga pekan sebelum tertangguhkan imbas pandemi COVID-19.

Suara.com - PSSI telah mengumumkan secara resmi tentang status kompetisi Liga 1 2020. Seperti yang disebutkan pada rilis resmi Kamis (29/10/2020), kompetisi top-flight Indonesia untuk musim 2020 akan dilanjutkan awal tahun 2021.

Setelah mengumumkan hal tersebut, PSSI langsung memberikan tugas kepada PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi, untuk mencari formula terkait format dan sistem kompetisi lanjutan Liga 1 2020 nanti.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, pun menyatakan pihaknya akan bergerak cepat untuk menjalankan amanah yang sudah diberikan PSSI tersebut.

"Kami akan bergerak cepat. Dalam waktu dekat akan mencari solusi yang terbaik bagi kelanjutan kompetisi musim 2020, kata Akhmad dalam rilis yang diterima Suara.com, Jumat (30/10/2020).

Baca Juga: Liga 1 Ditunda hingga Februari 2021, Marc Klok Berharap Suporter Legawa

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, saat ditemui di kantornya, di kawasan Jakarta, Jumat (14/8/2020). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

"Segala aspek akan kami pertimbangkan agar bisa menentukan kebijakan yang paling tepat dari situasi yang dihadapi sepakbola Indonesia saat ini." 

Lebih lanjut, Akhmad menegaskan bahwa dalam perencanaan lanjutan kompetisi musim 2020 pada awal tahun depan tersebut, pihaknya akan kembali berkomunikasi dengan banyak pihak.

Tidak hanya klub-klub yang berlaga di Liga 1 dan Liga 2, namun juga akan berkoordinasi dengan kepolisian, pemerintah yang terkait, para sponsor, serta juga broadcaster selaku pemegang hak siar.

"Perlu kami komunikasikan dengan beberapa pihak karena akan berhubungan langsung dengan kelancaran kompetisi, detail dan transparansi pembiayaan secara keseluruhan, sampai dengan efektivitas informasi ke masyarakat pecinta sepakbola nasional," tukas Akhmad.

Lanjutan Liga 1 2020 harusnya bergulir pada 1 Oktober lalu, usai kompetisi tertangguhkan sejak Maret lalu imbas COVID-19. Namun, kompetisi urung restart lantaran tak mendapat izin keramaian dari Polri.

Baca Juga: Kompetisi Ditunda, PT LIB Putar Otak Soal Subsidi Peserta Liga 1

Sempat diwacanakan untuk kembali bergulir November atau Desember 2020, kompetisi musim ini akhirnya dipastikan baru akan bergulir kembali pada 2021 mendatang.

Komentar