alexametrics

Ketidakpastian Lanjutan Liga 1 2020 Bikin Pelatih Persib Bingung

Reky Kalumata
Ketidakpastian Lanjutan Liga 1 2020 Bikin Pelatih Persib Bingung
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Persib menunggu klarifikasi kepastian untuk lanjutan jadwal Liga 1 2020

Suara.com - Persib Bandung masih menantikan kepastian lanjutan Liga 1 2020. Pelatih Persib Robert Alberts mengaku dirinya dan timnya masih dibuat bingung dengan situasi yang ada.

Sedianya, PSSI telah mengeluarkan surat keputusan untuk memundurkan jadwal kick off Liga 1 2020 menjadi tahun 2021. Hanya saja, dalam surat itu tak disebutkan jadwal pasti kick off lanjutan Liga 1 2020.

Robert mengatakan, dirinya dan tim asuhannya masih dibuat bingung dengan situasi yang ada. Apalagi kata dia, kepastian itu sangat penting bagi klub untuk mengatur persiapan dan mengelola keuangan tim.

"Dalam surat itu tidak menjelaskan secara pasti kapan kami akan memulai (liga) dan bagaimana kami akan memulai lagi nanti. Terkait format atau hingga kapan itu akan berjalan. Itu yang lebih penting," kata Robert seperti dikutip dari ayobandung.com - jaringan Suara.com, Senin (2/11/2020).

Baca Juga: Tak Ada Kompetisi, Gian Zola Coba Peruntungan Bisnis Properti

Pelatih asal Belanda ini juga menilai, ketidakpastian kick off Liga 1 membuat dirinya dan para pemain kecewa. Hal ini setelah mengamati beberapa negara lain, sepak bola sudah bisa kembali bergulir dengan protokol kesehatan ketat.

"Kami diberitahu beberapa kali ditunda. Itu mengecewakan karena di Indonesia, kami tidak bisa bermain sepak bola seperti di negara lain. Dan pada tanggal yang semula dijadwalkan, 1 Oktober lalu dibatalkan lagi. Lalu mendengar ada pernyataan akan digelar 1 November namun itu harus dibatalkan juga," katanya

Robert juga mengatakan, penundaan ini memberikan pukulan besar untuk banyak orang. Pasalnya, Robert mengatakan, situasi ini berkaitan dengan hajat hidup insan di industri sepak bola. Karenanya, kata dia, kepastian ini sangat berpengaruh besar.

"Semua ingin bermain sepak bola, di seluruh dunia sudah bermain sepak bola meskipun covid, semuanya tahu bahwa covid ada di sana dan kami mengambil tindakan sebagai klub. Kami melindungi pemain, melindungi staf dan melindungi siapapun, kami mencoba bersikap secara profesional untuk tetap siap dalam bermain sepak bola," katanya.

Meski demikian, Robert mengatakan masih akan tetap menantikan surat resmi lanjutan terkait kepastian jadwal Liga yang mundur ke awal 2021 sebelum mengambil keputusan untuk timnya.

Baca Juga: Liga 1 2020 Baru Lanjut Tahun Depan, Aktivitas Skuat Borneo FC Disetop

"Sekarang kami masih harus menunggu surat lainnya untuk mengetahui apa yang harus kami lakukan dan setelah itu mengambil keputusan yang tepat bersama pemain. Kapan kami bisa berlatih lain dan memulai bermain sepak bola lagi. Ketika kami mendapat surat yang baru, kami lebih tahu apa yang akan diharapkan berikutnya. Tapi untuk saat ini, kami butuh klarifikasi, kami butuh kejelasan," pungkasnya.

Komentar