alexametrics

Sepekan Jalani TC, Timnas Indonesia U-16 Alami Peningkatan

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Sepekan Jalani TC, Timnas Indonesia U-16 Alami Peningkatan
Latihan Timnas Indonesia U-16 (dok. PSSI)

Timnas Indonesia U-16 menjalani training camp (TC) di Bogor.

Suara.com - Timnas Indonesia U-16 sudah sepakan lamanya menjalani training camp (TC) di Bogor. Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti, mengaku banyak peningkatan dari para pemain di dalam TC ini.

Sejatinya, pemusatan latihan pada periode November ini Bima Sakti ingin memperbaiki kesalahan pasca kekalahan beruji coba melawan Uni Emirat Arab (UEA) Oktober lalu. Di mana pada dua pertemuan melawan UEA, Garuda Asia --julukan Timnas U-16-- kalah 2-3 dan 0-4.

"Baik itu dari fisik, pemahaman taktik yang diperbaiki mereka sudah banyak meningkat. Pembenahan setelah dua laga uji coba melawan UEA (Uni Emirat Arab) membuat kami dapat pelajaran bermakna," kata Bima Sakti dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti saat memimpin anak-anak asuhannya berlatih jelang menghadapi UEA pada pertandingan uji coba internasional. (dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti saat memimpin anak-anak asuhannya berlatih jelang menghadapi UEA pada pertandingan uji coba internasional. (dok. PSSI)

Beberapa hal yang menjadi catatan Bima pasca kekalahan dari UEA adalah passing serta penyelesaian akhir. Oleh sebab itu, mantan pemain Persiba Balikpapan itu fokus di pekan pertama TC ini untuk memperbaiki hal tersebut.

Baca Juga: Harapan Pemain Muda Milik Persib Ini di Timnas Indonesia U-16

"Kami mempertajam passing, terutama akurasi, small sided game, tiga tim dibagi tujuh pemain kami juga banyak melakukan permainan dengan menggunakan seluruh lapangan, setiap pemain mendapat giliran main. Hal ini akan terus menjadi menu mereka selama satu pekan nanti," jelasnya.

"Saya berharap pemain bisa lebih memperkecil jarak antar lini, terutama saat bertahan, jarak menjadi fokusnya. Terutama apabila melawan tim dengan pemain yang memiliki postur tubuh lebih besar dan tinggi seperti pemain tim UEA."

"Saat lawan memainkan bola direct dari penjaga gawang mereka langsung ke depan, itu bagaimana cara antisipasinya, pemain saya minta untuk menjaga jarak, jangan terlalu terbuka,” ia menambahkan.

Selain itu, lelaki yang sempat menukangi Timnas Indonesia senior itu berharap fisik pemainnya bisa lebih ditingkatkan lagi. Ia juga berpesan agar tetap semangat dalam menjalani latihan.

"Saya juga berharap fisik mereka bisa terus meningkat, hubungan antar pemain juga bisa terjalin dengan baik lagi dan terpenting, tetap menjaga kesehatan," pungkasnya.

Baca Juga: Masuk Timnas Indonesia U-16, Ronaldo Siap Kerja Keras

TC timnas U-16 di bulan November akan berlangsung hingga tanggal 29. TC ini merupakan persiapan Garuda Asia --julukan Timnas U-16-- menghadapi Piala Asia U-16 yang rencananya akan berlangsung di Bahrain tahun 2021.

Komentar