facebook

Penasaran dengan Tanda Merah di Pipi Pemain Serie A, Ini Artinya!

Rauhanda Riyantama
Penasaran dengan Tanda Merah di Pipi Pemain Serie A, Ini Artinya!
Tanda merah di pipi Cristiano Ronaldo saat Juventus melawan Cagliari pada lanjutan Serie A. (MIGUEL MEDINA / AFP)

Tanda merah terlihat jelas di wajah bintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

Suara.com - Ada pemandangan menarik pada pertandingan Serie A pekan ini. Pipi para pemain terlihat ada tanda merah yang cukup nyeleneh.

Tanda merah tersebut terlihat nyata, salah satunya pada wajah Cristiano Ronaldo. Saat itu, ia sedang bermain untuk Juventus melawan Cagliari pada laga lanjutan Serie A, Minggu (22/11/2020).

Usut punya usut, tanda merah tersebut ternyata memiliki makna yang cukup dalam. Adalah sebagai wujuh kepedulian terhadapa kasus kekerasan yang menimpa perempuan di Italia.

Menurut penjelasan Football Italia, tanda merah tersebut awalnya dibentuk oleh organisasi kemanusiaan Italia, WeWorld Onlus, asosiasi sepak bola, dan Serie A sendiri pada April 2018. Tujuannya adalah untuk memerangi kekerasan terhadap perempuan.

Baca Juga: Ronaldo hingga Neymar Masuk Nominasi Pemain Terbaik Abad Ini, Ini Daftarnya

Dari segi filosofi, tanda merah dilambangkan sebaga kartu merah terhadap kekerasan. Kemudian tanda tersebut digambarkan di wajah pemain saat pertandingan.

Selain pemain, tanda merah juga dipakain oleh seluruh perangkat pertandingan. Sementara bulan November dipilih karena dianggap pas untuk melakukan kampanye ini, mengingat pertandingan sudah mendekati paruh kompetisi.

Para pemain juga dapat memberikan dukungan tambahan terhadap gerakan ini dengan meminta orang-orang terdekat mereka melakukan hal yang sama. Kemudian, menggunggah foto dengan tanda merah di pipi lewat media sosial masing-masing dengan tagar #unrossoallaviolenza (kartu merah untuk kekerasan).

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar