alexametrics

Pernah Jebol Gawang Bali United, Pemain Australia Pensiun Muda Usai Dibully

Irwan Febri Rialdi | Arif Budi
Pernah Jebol Gawang Bali United, Pemain Australia Pensiun Muda Usai Dibully
Josh Hope saat bermain untuk Melbourne Victory melawan Guangzhou di Liga Champions Asia. Hope kini memutuskan pensiun. (WILLIAM WEST / AFP)

Gara-gara dibully online, Josh Hope pensiun muda.

Suara.com - Pemain sepak bola muda berbakat asal Australia, Josh Hope, mengambil keputusan mengejutkan untuk pensiun dini karena mendapatkan kritikan terus-terusan lewat media sosial.

Josh Hope adalah bintang muda dari Australia yang sempat menjadi kapten Timnas U-17. Dia juga bermain di level U-20. Namun, karier profesionalnya berhenti di usia muda karena tidak tahan dengan perlakuan suporter yang terus mengkritiknya.

Kritik yang dilancarkan kepada Josh Hope sendiri karena dia pernah membuat kesalahan yang menyebabkan hadiah penalti untuk lawannya. Akibat eror yang dibuatnya, Hope terus diserang oleh suporter.

Jengah menjadi bahan bully-an, Hope akhirnya memutuskan untuk pensiun di usia 22 tahun. Dia membagikan kabar tersebut melalui akun media sosial Instagramnya bersamaan dengan curhatan panjang.

Baca Juga: Fadil Sausu Bangga Bali United Dapat Lisensi Klub Profesional

Pemain muda Australia, Josh Hope pensiun dini.
Pemain muda Australia, Josh Hope pensiun dini.

"Sudah empat tahun berlalu saya hidup sebagai pemain profesional. Orang-orang yang kamu temui dan memori yang di buat tidak akan pernah terlupa. Sepak bola telah menjadi bagian dari hidup saua. Tapi sudah waktunya berhenti untuk saat ini," tulisnya.

Hope melanjutkan bahwa dia saat ini sudah tidak menikmati sepak bola lagi. Pasalnya, dia mendapatkan kritik terus menerus. Hope menganggap kritikan tersebut sudah masuk dalam ranah pelecehan baginya, sampai-sampai ada yang memberikan ancaman pembunuhan. Sehingga ia memutuskan pensiun dini dari sepak bola profesiona.

"Tanpa ragu ini adalah keputusan tersulit yang pernah saya buat. Namun, saya berharap akhirnya saya akan lebih kuat. Saya ingin fokus pada diri sendiri dan menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga serta teman," pungkasnya.

Keputusan Josh Hope pensiun ini tentu disesalkan banyak pihak, termasuk oleh agennya, John Grimaud. Dia mengatakan sedih saat klien berbakatnya harus meninggalkan pertandingan karena di-bully online.

Padahal Josh Hope sendiri adalah pemain berbakat. Buktinya ia bermain debut saat Melbourne Victory melawan Juventus di International Champhionship Cup 2016 silam.

Baca Juga: Kapten Bali United Bangga Timnya Dapat Lisensi Klub Profesional

Selain itu, Josh Hope juga pernah mencetak gol ke gawang klub sepak bola Indonesia, Bali United. Saat itu, Hope membantu Melbourne Victory menghajar Bali United dengan skor telak 5-0 di ajang babak kualifikasi Liga Champions Asia 2020.

Komentar