facebook

Bicara TC Timnas Indonesia U-19 di Spanyol, PSSI Ingin Jaga Mental Pemain

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Bicara TC Timnas Indonesia U-19 di Spanyol, PSSI Ingin Jaga Mental Pemain
Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi ditemui di GOR Popki Cibubur, Jakarta, Kamis (10/12/2020). [Suara.com/Adie Prasetyo]

Yunus Nusi menyebut penggawa Timnas U-19 sudah kecewa karena ditundanya Piala Dunia U-20

Suara.com - Plt. Sekjen PSSI, Yunus Nusi, bicara terkait pelaksanaan training camp (TC) Timnas Indonesia U-19 di Spanyol. Pemusatan latihan ini dilakukan juga untuk menjaga mental para pemain.

Yunus menyebut penggawa Timnas Indonesia U-19 sudah kecewa. Hal Ini karena ditundanya gelaran Piala Dunia U-20 2021, di mana Indonesia jadi tuan rumah.

Banyak kalangan yang menilai bahwa TC Timnas U-19 di Spanyol hanya buang-buang waktu. Pasalnya, sebagian besar para pemain yang ada, tak lagi bisa tampil di gelaran Piala Dunia U-20 2023.

Latihan Timnas Indonesia U-19 di Spanyol (dok. PSSI)
Latihan Timnas Indonesia U-19 di Spanyol (dok. PSSI)

TC di Spanyol juga terkesan berantakan. Hingga saat ini uji coba belum dapat dilaksanakan karena masih menunggu update dari tim lawan.

Baca Juga: PSSI Berikan Kewenangan Mutlak bagi Shin Tae-yong di Piala Dunia U-20 2023

Padahal sebelumnya, PSSI telah merilis jadwal pertandingan uji coba. Namun, sudah ada dua laga gagal terlaksana.

Yunus menyebut TC di Spanyol sengaja dilakukan untuk menjaga mental pemain. Pasalnya, David Maulana dan kawan-kawan sudah kecewa karena Piala Dunia batal, sehingga jangan sampai TC di Spanyol juga gagal.

"Bahwa di samping untuk pemusatan latihan (TC) dan sparing di Spanyol, PSSI juga memandang perlu untuk menjaga mental dan psikologi anak-anak timnas U-19," kata Yunus Nusi dalam rilis PSSI.

"Mereka sudah kecewa tidak bisa tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021, masa ke Spanyol juga dibatalkan. Kalau ke Spanyol dibatalkan, pasti akan lebih menambah kekecewaan mereka," tambahnya.

Setelah Piala Dunia U-20 2021 batal, TC di Spanyol bisa difokuskan untuk persiapan Piala Asia U-19 2020 yang dijadwalkan berlangsung Maret mendatang.

Baca Juga: Witan Sulaeman dan Elkan Baggott Urung Gabung TC Timnas U-19 di Spanyol

Dalam kejuaraan tersebut Garuda Nusantara --julukan Timnas U-19-- berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Iran, dan Kamboja.

Komentar