alexametrics

Juventus Dipermalukan Tim Papan Bawah Benevento di Kandang Sendiri

Rully Fauzi
Juventus Dipermalukan Tim Papan Bawah Benevento di Kandang Sendiri
Ekspresi kekecewaan penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo pada laga Liga Italia 2020/2021 kontra Benevento di Juventus Stadium, Turin, Minggu (21/3/2021) malam WIB. [Marco BERTORELLO / AFP]

Lini serang Juventus yang dipimpin Cristiano Ronaldo tak berkutik menghadapi pertahanan gerendel Benevento.

Suara.com - Juara bertahan Liga Italia, Juventus meraih hasil memalukan di pekan ke-28 kompetisi musim ini. Menjamu tim papan bawah Benevento di Juventus Stadium, Turin, Minggu (21/3/2021) malam WIB, Juventus dipermalukan 0-1.

Sepanjang 90 menit, lini serang Juventus yang dipimpin Cristiano Ronaldo tak berkutik menghadapi pertahanan gerendel Benevento, yang ironisnya dilatih oleh mantan pemain Bianconeri, Filippo Inzaghi.

Gawang Juventus sendiri bobol pada menit ke-69. Kesalahan elemnter dari gelandang Juventus, Arthur Melo membuat Adolfo Gaich mendapatkan bola dalam situasi menguntungkan.

Tanpa segan, penyerang Benevento asal Argentina itu melepaskan tembakan yang tak bisa dibendung kiper Juventus, Wojciech Szczesny.

Baca Juga: Hajar Sheffield United 2-0, Chelsea Melenggang ke Semifinal Piala FA

Dengan kekalahan ini, Juventus pun tertahan di peringkat ketiga klasemen sementara Liga Italia 2020/2021 dengan raihan 55 poin dari 27 pertandingan.

Tim asuhan Andrea Pirlo gagal melewati AC Milan yang berada di posisi kedua dengan 56 poin dari 27 pertandingan.

AC Milan sendiri bisa unggul empat poin atas Juventus jika mereka memenangi laga tandang kontra Fiorentina dini hari nanti.

Juventus juga kini terpaut 10 poin dari sang pemuncak klasemen sementara, Inter Milan dengan jumlah pertandingan yang sama (27 laga).

Sementara itu dengan kemenangan vital nan sensasional ini, Benevento kian menjauhkan posisi mereka dari zona merah, dengan kini berjarak tujuh poin.

Baca Juga: Erling Haaland Kesal Usai Dortmund Ditahan Seri, Segera Hengkang?

Armada Inzaghi mantap di posisi ke-16 papan klasemen dengan koleksi 29 poin dari 28 laga.

Jalannya Pertandingan

Juventus yang relatif turun dengan kekuatan penuh dan mendominasi tak kurang dari 73 persen penguasaan bola sepanjang laga, gagal mencetak satu gol pun dari 21 percobaan tembakan yang mereka lepaskan.

Pertanda buruk bagi Juventus sudah tampak pada saat laga baru berusia tiga menit, ketika bek mahal Matthijs de Ligt terpeleset mengendalikan bola di area pertahanan timnya sendiri. Beruntung kiper Szczesny sigap mengusir bahaya.

Pada menit ke-33, Juventus punya peluang bagus untuk membuka keunggulan ketika Alvaro Morata menerobos lini pertahanan Benevento.

Sayang, penyelesaian striker internasional Spanyol itu bisa dimentahkan kiper tim tamu, Lorenzo Montipo.

Tiga menit berselang, wasit Rosario Abisso sempat menghadiahi tendangan penalti untuk Juventus setelah menilai Daam Foulon melakukan handsball di kotak terlarang.

Namun sang pengadil kemudian menganulir keputusan itu setelah diberi masukan oleh VAR.

Lantas pada menit ke-38, Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi selepas meneruskan umpan silang Dejan Kulusevski ke gawang Benevento, hanya untuk menyadari hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside.

Dominasi Juventus yang tak membuahkan hasil harus dibayar mahal pada menit ke-69, ketika Arthur melakukan kesalahan umpan yang dipotong oleh Gaich.

Sang striker muda lantas berhasil menghindari jegalan Danilo, sebelum melepaskan tembakan keras tak terbendung Szczesny demi membawa Benevento memimpin 1-0 di Juventus Stadium.

Tiga menit sesudah itu, para pemain Juventus mengklaim mereka berhak memperoleh hadiah penalti ketika Federico Chiesa jatuh di dalam area terlarang Benevento.

Akan tetapi wasit mengabaikannya, sebagaimana tayangan ulang memperlihatkan Chiesa tersandung Foulon yang memang sudah tergeletak di atas lapangan tanpa melakukan jegalan.

Tepat di pengujung waktu normal, kiper Benevento Montipo melakukan satu penyelamatan gemilang lainnya atas tembakan sudut sempit Ronaldo, demi mengunci kemenangan mengejutkan tandang sensasional di Turin.

Susunan Pemain:

Juventus XI (4-4-2): Wojciech Szczesny; Danilo, Leonardo Bonucci, Matthijs de Ligt, Federico Bernardeschi; Federico Chiesa, Adrien Rabiot (Weston McKennie 73'), Arthur (Rodrigo Bentancur 73'), Dejan Kulusevski; Alvaro Morata, Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Andrea Pirlo (Italia)

Benevento (3-5-2): Lorenzo Montipo, Daam Foulon (Andres Tello 73'), Alessandro Tuia, Luca Caldirola; Federico Barba, Riccardo Improta, Nicolas Viola, Perparim Hetemaj (Bryan Dabo 83'), Artur Ionita; Gianluca Lapadula (Gianluca Caprari 73'), Adolfo Gaich.

Pelatih: Filippo Inzaghi (Italia)

Hasil Liga Italia, Minggu (21/3/2021) malam WIB:

Hellas Verona 0-2 Atalanta

Juventus 0-1 Benevento

Sampdoria 1-0 Torino

Udinese 0-1 Lazio

Komentar