alexametrics

Seleksi Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Coret Pemain Setiap Dua Hari

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Seleksi Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Coret Pemain Setiap Dua Hari
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti saat memimpin anak-anak asuhannya berlatih jelang menghadapi UEA pada pertandingan uji coba internasional. (dok. PSSI)

Timnas U-16 dibentuk untuk mengikuti beberapa event internasional tahun ini

Suara.com - Seleksi untuk pembentukan Timnas Indonesia U-16, terus berlanjut. Seleksi yang berlangsung di Jakarta ini sudah memasuki hari keenam sejak, Kamis (22/4/2021).

Timnas Indonesia U-16 dibentuk untuk mengikuti beberapa event internasional tahun ini. Oleh sebab itu, butuh pemain-pemain terbaik agar bisa bersaing.

Pemain seleksi ini didapat dari 34 Asosiasi Provinsi (Asprov) selurub Indonesia. Tidak hanya memanggil pemain, namun langsung memulangkan yang dianggap belum memenuhi standar.

"Setiap dua hari kita ada pemulangan pemain, kita sudah list semuanya, nanti kita rekap, kemudian kita akan lapor ke PSSI untuk disambut TC di bulan Mei, jadi sejauh ini sudah ada kerangka tim, sudah banyak, ya," kata Bima Sakti dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Kamis (29/4/2021).

Baca Juga: Tatap Piala AFF, PSSI Gelar Seleksi untuk Timnas U-16

Berbagai aspek dilihat oleh Bima Sakti dalam merekrut pemain-pemainnya sejak hari pertama. Setidaknya ada lima sesi yang harus dilalui para pemain.

"Hari ini masuk sesi ketiga, besok memasuki sesi keempat dua hari. Kemudian hari Jumat itu terakhir, sesi kelima, sampai hari Sabtu. Jadi semua pemain dari 34 Asprov kita beri kesempatan lima sesi. Satu sesi, dua hari. Materi yang diberikan sama semua," Bima menjelaskan.

"Di hari pertama mereka kumpul, kita sengaja ambil malam hari, karena kita mengantisipasi kedatangan pemain dari daerah. Ada juga dari Ambon, kemudian dari Sulawesi Utara, Makassar, Manado, jadi latihan kita malam."

"Kemudian hari kedua, mereka latihan seleksinya, sore. Dan kita juga Alhamdulillah saat ini juga sudah mendapatkan list pemain dari Asprov Papua. Nanti kita akan koordinasi dengan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Plt. Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, untuk seleksi di tahap berikutnya sehabis lebaran," ungkapnya.

Tak lupa, mantan legenda hidup Timnas Indonesia era 90-an itu berterima kasih kepada semua pihak, sehingga dia bisa melihat, memantau dan menyeleksi pemain di bulan April ini.

Baca Juga: Ratusan Pesepak Bola Muda Sumbar Ikuti Seleksi Timnas U-16 dan U-19

"Saya berterima kasih kepada Asprov, terutama pelatih-pelatih mereka di SSB dan akademi, mereka berjasa untuk pemain-pemain ini, sehingga kami tim pelatih, dan siapapun pelatih timnas U-16 untuk level akar rumput, tidak kesulitan mencari pemain berkualitas yang siap untuk masuk timnas ini,” pungkas Bima Sakti.

Komentar