alexametrics

Isu Pemain Titipan di Timnas Buat Asisten Shin Tae-yong Bingung

Arief Apriadi | Adie Prasetyo Nugraha
Isu Pemain Titipan di Timnas Buat Asisten Shin Tae-yong Bingung
Pemusatan latihan Timnas Indonesia. [Dok. PSSI]

Semua pemain yang dipanggil Timnas disebut Nova telah sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan tim.

Suara.com - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto mengaku bingung dengan isu pemain titipan di skuad Garuda. Menurutnya, semua pemain yang dipanggil dilihat berdasarkan kualitas.

Timnas Indonesia kembali menggelar pemusatan latihan (TC) jelang menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Sebanyak 34 pemain dipanggil Shin Tae-yong untuk menjalani persiapan.

Sebagian pemain yang dipanggil juru taktik asal Korea Selatan itu merupakan wajah lama, kecuali Marc Klok dari Persija Jakarta dan wonderkid Persita Tangerang Atalaric Ballah.

Semua pemain yang dipanggil Timnas disebut Nova telah sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan tim Merah Putih. Semuanya dilihat berdasarkan kualiatas, bukan aspek lain.

Baca Juga: Ini Kriteria Pemain Timnas U-16 yang Dicari Bima Sakti

Namun, isu pemain titipan mencuat lantaran terdapat nama Nurhidayat Haji Haris dan Aqil Savik dalam pemanggilan 34 pemain itu. Padahal, keduanya sama sekali tidak tampil di Piala Menpora 2021 lalu.

Nova pun langsung angkat bicara terkait isu miring itu. Dia menegaskan semua pemain yang dipanggil pelatih sudah sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan tim.

"Kabar pemain titipan ini membuat saya bingung, tidak ada pemain titipan dalam TC kali ini. Ini karena kalau dilihat dari 34 nama yang dipanggil hampir semua pemain pernah dipanggil dan dilihat kemampuannya oleh coach Shin," kata Nova Arianto kepada awak media beberapa waktu lalu.

"Hanya ada dua pemain yang benar-benar belum pernah dipanggil ada Marc Klok dan Atalaric Ballah yang kami lihat memang tampil baik dan punya potensi saat bermain di Piala Menpora 2021 kemarin," ia menjelaskan.

Selain pemain yang berlaga di Piala Menpora 2021, Shin Tae-yong juga memanggil mereka yang berkarier di luar negeri. Seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Ryuji Utomo, Syahrian Abimanyu, dan Elkan Baggott.

Baca Juga: Sambangi Seleksi Timnas U-16, Ketum PSSI: Jangan Ada Pemain Titipan

"Termasuk semua pemain yang diluar negri sudah pernah dilihat coach Shin. Jadi nama-nama tersebut coach Shin sudah tahu cara main dan karakternya masing-masing," jelas Nova.

Komentar