alexametrics

Ini Kriteria Pemain Timnas U-16 yang Dicari Bima Sakti

Arief Apriadi | Adie Prasetyo Nugraha
Ini Kriteria Pemain Timnas U-16 yang Dicari Bima Sakti
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, saat memberikan motivasi kepada anak asuhannya (dok. PSSI).

Bima Sakti memiliki kriteria tersendiri dalam memilih pemain yang dianggapnya potensial untuk memakai seragam skuad Garuda.

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti mulai berburu pemain dengan menggelar seleksi nasional di Jakarta yang telah berlangsung sejak 21 April lalu. Para peserta kebanyakan datang dari 34 Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI.

Pada proses seleknas ini, Bima Sakti memiliki kriteria tersendiri dalam memilih pemain yang dianggapnya potensial untuk memakai seragam skuad Garuda.

Hal itu didasarkan dari faktor tinggi badan, mentalitas, dan kekompakan dengan para pemain lain saat mengikuti proses seleknas yang disebut bakal berakhir pada 1 Mei mendatang.

"Postur dulu ya dari kiper, center back, gelandang, striker, itu kan posisi yang membutuhkan masalah tinggi badan. Sayap kanan kiri dan fullback bisa di bawah 170. Kalau yang tadi harus di atas itu," kata Bima kepada awak media, Kamis (29/4/2021).

Baca Juga: Liga 1 2021 Tetap Pakai Sistem Kompetisi Penuh, Tapi...

"Selain postur juga mental, chemistry, walaupun banyak yang belum kenal. Tapi cukup bagus kelihatan cara mainnya dan visinya. Jadi kami pelatih cukup mudah untuk memilih," jelasnya.

Seleksi Timnas Indonesia U-16 kali ini digelar secara bergantian di hari berbeda. PSSI membagi prosesnya ke dalam lima sesi.

"Semua diberikan kesempatan ya dari Asprov, GSI (Gala Siswa Indonesia), dan akademi seluruh Indonesia," beber Bima.

"Setiap sesi kami bagi 33 pemain. Dua hari berlatih, setelah itu pulang, masuk lagi sesi kedua 33 pemain. Jadi semuanya 169 pemain," ia menambahkan.

Setelah memasuki sesi keempat, Bima Sakti mengungkapkan bahwa para pemain mulai menunjukan progres. Meski demikian, penampilan mereka dinilai masih inkonsisten.

Baca Juga: Akan Beda dari Biasanya, PT LIB Beri Gambaran Format Liga 1 2021

"Naik turun ya. Di sesi pertama bagus mereka. Sesi kedua agak menurun, sesi ketiga bagus, sesi keempat ini agak lumayan. Kami harap di sesi kelima besok lebih siap secara mental dan tunjukkan performa," pungkas Bima.

Komentar