alexametrics

Manchester United Minati Jan Oblak, Atletico Madrid Pulangkan De Gea?

Rully Fauzi
Manchester United Minati Jan Oblak, Atletico Madrid Pulangkan De Gea?
Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak. [JAVIER SORIANO / AFP]

Oblak dipercaya sebagai kiper terbaik dunia saat ini.

Suara.com - Manchester United dikabarkan berminat mendatangkan kiper tangguh Atletico Madrid yang disebut-sebut banyak orang sebagai kiper terbaik dunia saat ini, Jan Oblak.

Demi kiper internasional Slovania berusia 28 tahun tersebut, kubu Manchester United bahkan kabarnya siap mengembalikan David de Gea ke Atletico.

De Gea, yang direkrut Manchester United dari Atletico pada 2011 silam dengan biaya transfer 18,5 juta pounds (sekira Rp 375 miliar, penampilannya memang dinilai menurun dalam beberapa musim terakhir, setelah tampil hebat selama bertahun-tahun bersama Setan Merah.

Puncaknya adalah pada final Liga Europa 2020/2021, Kamis (27/5/2021) lalu, di mana De Gea dinilai sebagai biang kerok kekalahan Manchester United dari Villarreal.

Baca Juga: Massimiliano Allegri Resmi Balik ke Juventus

Penjaga gawang Timnas Spanyol berusia 30 tahun itu gagal membendung eksekusi 11 pemain Villarreal, termasuk kiper mereka, dan kemudian gagal mencetak angka saat menjadi algojo terakhir di babak adu penalti.

Ekspresi kiper Manchester United, David de Gea (tengah) usai gagal mencetak gol di babak adu penalti laga final Liga Europa kontra Villarreal di Gdansk, Polandia, Kamis (27/5/2021) pagi WIB. [KACPER PEMPEL / POOL / AFP]
Ekspresi kiper Manchester United, David de Gea (tengah) usai gagal mencetak gol di babak adu penalti laga final Liga Europa kontra Villarreal di Gdansk, Polandia, Kamis (27/5/2021) pagi WIB. [KACPER PEMPEL / POOL / AFP]

Manchester United pun kalah 10-11 di babak tos-tosan ini setelah bermain imbang 1-1 dengan Villarreal di 120 menit pertandingan.

Sementara di sisi lain, Oblak konsisten tampil ciamik di bawah mistar gawang Atletico semenjak gabung dari Benfica pada 2014 lalu.

Tak ayal, kiper bertinggi 188 cm berjuluk 'Si Tembok' itu disebut-sebut sebagai penjaga gawang terbaik di dunia saat ini.

Di musim 2020/2021, ketangguhan Oblak pun belum luntur, sebagaimana ia jelas turut andil membawa Atletico juara Liga Spanyol. 

Baca Juga: Liverpool Resmi Boyong Ibrahima Konate dari RB Leipzig

Seperti dikabarkan The Sun, Jumat (28/5/2021), demi mengamankan servis Oblak di bursa transfer musim panas 2021 ini, Manchester United siap merogoh kocek mereka dalam-dalam plus juga siap memberikan De Gea ke Atletico. Ini demi mengurangi beban biaya transfer Oblak.  

Laman Transfermarkt menempatkan Oblak sebagai kiper termahal di dunia saat ini, dengan banderolnya diklaim mencapai 90 juta euro (sekira Rp 1,5 triliun).

Sebagai informasi tambahan, kontrak Oblak di Atletico saat ini masih berlaku hingga 2023. Setali tiga uang, De Gea juga masih terikat kontrak bersama Manchester United hingga 2023.

Komentar