alexametrics

Profil Timnas Skotlandia di Euro 2020: Optimis Melaju ke Babak Selanjutnya

Rifan Aditya
Profil Timnas Skotlandia di Euro 2020: Optimis Melaju ke Babak Selanjutnya
Profil Timnas Skotlandia - Pemain Timnas Skotlandia merayakan kemenangan usai melumat San Marino dengan skor 6-0 dalam Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Hampden Park, Minggu (13/10/2019). (ANDY BUCHANAN / AFP)

Bagaimana profil Timnas Skotlandia dan seperti apa daftar pemain yang dibawa ke Piala Eropa 2020?

Suara.com - Timnas Skotlandia telah berhasil melangkah ke Euro 2020 setelah mengalahkan Israel dan Serbia di babak play-off. Bagaimana profil Timnas Skotlandia dan seperti apa daftar pemain yang dibawa ke Piala Eropa 2020?

Keberhasilan junior James McFadden bisa bermain di Euro 2020 (Euro 2021) juga mendapatkan ucapan selamat dari Gareth Southgate yang mana merupakan pelatih timnas Inggris.

Skotlandia akan satu grup bersama dengan Republik Ceko, Kroasia, dan Inggris. Di grup D sendiri bisa dikatakan memang cukup berat, namun McFadden tetap yakin bahwa Andrew Robertson dan kolega bisa mengacaukan peluang tim-tim besar untuk melaju ke babak berikutnya. 

Skotlandia akan memulai pertandingan pertamanya melawan Republik Ceko pada hari Senin (14/6/2021). Laga kedua tim akan berlangsung di Hamden Park.

Baca Juga: Profil Timnas Prancis di Euro 2020: Daftar Pemain, Julukan, dan Fakta Menarik

Namun sebelum berduel di ajang Piala Eropa tim asuhan Steve Clarke akan lebih dulu menghadapi dua laga persahabatan masing-masing kontra Belanda dan Luxemburg. Sedangkan James McFadden sendiri terakhir memperkuat The Tartan Army pada tahun 2010.

Timnas Skotlandia di Euro 2020

Kapten Timnas Skotlandia, Andy Robertson. [ANDY BUCHANAN / AFP]
Kapten Timnas Skotlandia, Andy Robertson. [ANDY BUCHANAN / AFP]

Skotlandia rencananya akan menjadi tuan rumah untuk seluruh pertandingan tiga grup dan satu pertandingan terakhir di babak 16 besar untuk Piala Eropa 2020 yang diselenggarakan di beberapa kota antar negara Eropa. 

Timnas Skotlandia mempunyai misi yang cukup sulit di Euro 2020. Pasalnya, mereka akan bersaing dengan tim-tim hebat di Grup D. Tim yang dijuluki The Tartan Army itu berada satu grup bersama Inggris, Kroasia dan Republik Ceko.

Tentunya Skotlandia tidak hanya ingin menumpang lewat di Euro 2020. Mereka akan berusaha mati-matian untuk berbicara banyak, apalagi perjuangan Skotlandia menuju Euro 2020 begitu berliku.

Baca Juga: Daftar Nama 11 Stadion dan Negara Tuan Rumah Euro 2020

Di kualifikasi, Skotlandia hanya finis di posisi ketiga klasemen Grup I di bawah Belgia dan Rusia, sehingga akibatnya mereka harus melewati babak playoff terlebih dulu. Untungnya di fase tersebut Skotlandia berhasil menang atas Serbia melalui adu penalti dan mendapatkan tiket putaran grup Euro 2020. Ini merupakan pertama kalinya The Tartan Army main di turnamen besar sejak terakhir kali melakukannya pada Piala Dunia 1998 lalu.

Komentar