alexametrics

Di Tengah Seruan Boikot, Timnas Brasil Pastikan Ikut Copa America

Arief Apriadi
Di Tengah Seruan Boikot, Timnas Brasil Pastikan Ikut Copa America
Pemain timnas Brasil berpose jelang laga persahabatan kontra AS yang berlangsung di MetLife Stadium, New Jersey, Sabtu (8/9/2018) [AFP]

"Kami menentang bagaimana proses Copa America ini diselenggarakan, tetapi kami tidak akan pernah mengatakan tidak kepada Timnas Brasil."

Suara.com - Timnas Brasil menyatakan bakal tetap ikut gelaran Copa America kendati belakangan muncul seruan dan protes yang tak hanya dilontarkan masyarakat tetapi juga staf pelatih dan pemain.

Kepastian itu diketahui setelah skuad Selecao --julukan Brasil-- merilis pernyataan resmi yang menjelaskan mereka siap bersaing kendati merasa tidak puas dengan kinerja Konfederasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) selaku penyelenggara.

Copa America tahun ini direncanakan berlangsung di Argentina dan Kolombia, tetapi sekarang bakal diadakan di Brasil kendati negara tersebut juga tengah berjuang melawan pandemi Covid-19.

"Kami menentang bagaimana proses Copa America ini diselenggarakan, tetapi kami tidak akan pernah mengatakan tidak kepada Timnas Brasil," demikian pernyataan resmi pemain Selecao dikutip dari Marca, Kamis (10/6/2021).

Baca Juga: Timnas Argentina Dipastikan Tetap Ikut Copa America meski Pandemi Menghantui

Sebelumnya, perubahan tempat penyelenggaraan Copa America menuai kritik, baik dari komunitas sepakbola Amerika Selatan maupun publik Brasil.

Banyak pihak, termasuk pemain Brasil yang diwakili Casemiro khawatir penyelenggaraan Copa America semakin membebani penanganan pandemi Covid-19 di negara tersebut.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia dilansir dari CNN, Brasil telah mencatat hampir 17 juta kasus yang dikonfirmasi dan 473.000 kematian.

Di luar masalah pandemi, Konfederasi Sepakbola Brasil (CBF) juga tengah menghadapi masalah manajemen karena presiden Rogerio Caboclo untuk sementara diberhentikan dari jabatannya pada hari Minggu setelah tuduhan pelecehan seksual oleh seorang karyawan konfederasi.

Copa America 2021 akan berlangsung mulai 13 Juni mendatang dan direncanakan berakhir pada 10 Juli 2021.

Baca Juga: 5 Hits Bola: Crazy Rich Malang Ditunjuk Jadi Presiden Arema FC

Komentar