alexametrics

Euro 2020: Inggris Gagal Bongkar Pertahanan Gerendel Kroasia di Babak Pertama

Rully Fauzi
Euro 2020: Inggris Gagal Bongkar Pertahanan Gerendel Kroasia di Babak Pertama
Gelandang serang Timnas Inggris, Phil Foden (kanan) dibayangi gelandang sentral Timnas Kroasia, Mateo Kovacic pada laga Grup D Euro 2020 di Wembley, London, Minggu (13/6/2021) malam WIB. [Catherine Ivill / POOL / AFP]

Timnas Inggris bentrok dengan Kroasia di Wembley, Minggu (13/6/2021) malam WIB.

Suara.com - Big match tersaji di matchday 1 Grup D Euro 2020, sebagaimana Timnas Inggris menjajal kekuatan Timnas Kroasia di Wembley, London, Minggu (13/6/2021) malam WIB.

Meski mendominasi permainan dan membombardir pertahanan Kroasia di sepanjang babak pertama, Inggris gagal mencetak gol.

Laga bisa dibilang hanya berjalan 'setengah lapangan', skor masih imbang tanpa gol sampai half-time.

Dari empat percobaan tembakan yang dilakukan Inggris di paruh pertama ini, tercatat hanya ada dua yang on target.

Baca Juga: Komentari Insiden Christian Eriksen, Kardiolog: Dia Tidak Punya Riwayat Jantung

Pertahanan gerendel Kroasia yang digalang Duje Caleta-Car dan Domagoj Vida sebagai duo bek sentral, plus Marcelo Brozovic sebagai gelandang jangkar, memang patut diacungi jempol di babak pertama ini.

Bicara ball possession, Inggris juga mendominasi dengan raihan 58 persen, berbanding 42 persen milik Luka Modric dan kawan-kawan.

Jalannya Pertandingan

Timnas Inggris langsung tancap gas di awal-awal laga. Ancaman pertama datang dari gelandang serang Phil Foden di menit keenam.

Memanfaatkan umpan dari rekan setimnya di Manchester City, Raheem Sterling, Foden melanjutkannya dengan tendangan keras ke gawang Kroasia.

Baca Juga: Link Live Streaming dan Susunan Pemain Inggris vs Kroasia, Laga Grup D Euro 2020

Sayang, sepakannya itu hanya membentur tiang gawang!

Kroasia sendiri gantian mengancam semenit berselang. Namun, tembakan jarak jauh yang dilepaskan Ante Rebic masih bisa diantisipasi kiper Inggris, Jordan Pickford.

Menit ke-26, Inggris kembali mendapat peluang bagus. Kali ini Sterling melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang, tendangannya masih melebar dari sasaran.

Menit ke-42, wasit memberi Caleta-Car kartu kuning atas pelanggaran yang dilakukannya. Pelanggaran di tepi kotak penalti itu membuahkan tendangan bebas untuk Inggris.

Sebagai ahlinya set-piece, Kieran Trippier pun maju sebagai eksekutor tendangan bebas. Sayang, sepakannya membentur pagar hidup dan skor 0-0 pun bertahan hingga babak pertama rampung.

Susunan Pemain:

Inggris XI (4-2-3-1): Pickford; Walker, Stones, Mings, Trippier; Phillips, Rice; Foden, Mount, Sterling; Kane. 

Pelatih: Gareth Southgate (Inggris)

Kroasia XI (4-3-3): Livakovic; Vrsaljko, Vida, Caleta-Car, Gvardiol; Modric, Brozovic, Kovacic; Perisic, Rebic, Kramaric.

Pelatih: Zlatko Dalic (Kroasia)

Komentar