alexametrics

Stadion di Jakarta Belum Dipakai untuk Liga 1 2021/2022 Seri Pertama

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Stadion di Jakarta Belum Dipakai untuk Liga 1 2021/2022 Seri Pertama
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke bangku pemain di Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (26/3). [ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari]

Jakarta disebutkan sebelumnya masuk ke dalam salah satu kota tuan rumah seri pertama

Suara.com - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Sudjarno mengatakan stadion-stadion yang ada di Jakarta belum digunakan untuk gelaran Liga 1 2021/2022 seri pertama. Padahal, Jakarta disebutkan sebelumnya masuk ke dalam salah satu kota tuan rumah seri pertama.

Jakarta bersama dua provinsi lainnya di seri pertama ini yakni Banten dan Jawa Barat. Adapun di Jakarta venue yang semula rencananya bakal dipakai adalah Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Madya, dan Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

Sudjarno tak menjelaskan secara rinci mengapa Stadion-Stadion di Jakarta tak bisa digunakan pada seri pertama. Namun, adanya kasus Covid-19 yang tengah tinggi diduga jadi salah satu alasannya.

Direktur operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (14/8/2020). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).
Direktur operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (14/8/2020). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Namun, Jakarta bisa saja digunakan nantinya. Pasalnya, seri keenam atau terakhir Liga 1 2021/2022 berlangsung seperti seri pertama.

Baca Juga: Latihan Fisik Selesai, PSS Sleman Beralih ke Taktikal

"GBK belum dipakai, tapi nanti pada saatnya kita akan pakai. Kita akan komunikasi dengan pengurus GBK termasuk Stadion Madya. Kita coba juga kalau nanti kita akan pakai itu. Begitu juga dengan Stadion PTIK,” kata Sudjarno kepada awak media, Kamis (17/6/2021) malam.

"Ya, jadi di dekat-dekat Jakarta saja (untuk seri pertama). ada Stadion Patriot di Bekasi, Pakansari di Bogor, dan Wibawa Mukti di Cikarang," jelasnya.

PT LIB juga telah melakukan inspeksi ke stadion-stadion yang bakal dipakai di seri pertama. Enam Stadion tersebut yakni Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Bandung) dan Stadion si Jalak Harupat (Bandung).

Setelah seri pertama kelar, akan dilanjut ke seri kedua di Jawa Tengah-Yogyakarta. Seri ketiga dan keempat di Jawa Timur, kelima balik ke Jawa Tengah-Yogyakarta, dan terakhir alias keenam di Banten-Jakarta-Jawa Barat.

Adapun Liga 1 2021/2022 akan kick-off pada 10 Juli mendatang. Di mana partai pembuka akan mempertemukan Persija Jakarta vs PSS Sleman di Stadion Pakansari.

Baca Juga: Sponsor Utama Liga 1 2021/2022 akan Ada Perubahan

Komentar