facebook

Gelandang Atalanta Bikin Gol, Italia Ungguli Wales di Babak Pertama

Rully Fauzi
Gelandang Atalanta Bikin Gol, Italia Ungguli Wales di Babak Pertama
Gelandang Timnas Italia, Matteo Pessina (kiri) merayakan golnya ke gawang Wales pada laga Grup A Euro 2020 di Stadio Olimpico, Roma. [ANDREAS SOLARO / POOL / AFP]

Timnas Italia unggul 1-0 pada babak pertama laga yang dihelat di Stadio Olimpico, Minggu (21/6/2021) malam WIB.

Suara.com - Timnas Italia untuk sementara unggul 1-0 atas Timnas Wales pada babak pertama laga matchday pamungkas Grup A Euro 2020 yang dihelat di Stadio Olimpico, Roma, Minggu (20/6/2021) malam WIB. Gol tunggal Italia dicetak gelandang serang Atalanta, Matteo Pessina pada menit ke-39.

Sekadar informasi, Italia sebelum laga ini telah memastikan tiket ke babak 16 besar. Sementara itu, Wales sejatinya hanya butuh hasil imbang untuk melaju.

Sampai di titik ini, Italia akan melaju ke perdelapan final Euro 2020 sebagai juara Grup A, dan akan ditemani oleh Swiss yang di laga lain yang dihelat bersamaan malam ini sedang unggul 2-0 atas Turki sampai half-time.

Jika keadaan ini tetap bertahan, Wales akan melorot ke peringkat ketiga dan masih harus menunggu status mereka untuk lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik di penyisihan grup Euro 2020.

Baca Juga: Link Live Streaming dan Susunan Pemain Italia vs Wales, Grup A Euro 2020

Jalannya Pertandingan

Bermain di kandang sendiri, Italia memguasai jalannya pertandingan sejak awal. Menit ke-12, Gli Azzuri memiliki peluang, namun umpan bagus Alessandro Bastoni ke Andrea Belotti yang tak terjaga, berhasil dihalau dengan apik oleh pemain Wales.

Setelah itu, mulai dari Belotti, Federico Chiesa dan Federico Bernardeschi saling bergantian mengancam gawang Wales.

Di sisi lain, Wales juga bukan tanpa peluang, salah satunya lewat gelandang  Aaron Ramsey. Namun, skor 0-0 masih bertahan hingga setengah jam laga.

Masuk ke menit 39, pertahanan solid Wales akhirnya bisa ditembus juga oleh Italia. Matteo Pessina berhasil menjebol gawang Wales dan membuat skor berubah 1-0 untuk keunggulan Italia.

Baca Juga: Euro 2020: Swiss Harus Lupakan Kekalahan Lawan Italia jika Ingin Melaju ke 16 Besar

Gol Pessina berawal dari pelanggaran yang dilakukan Joe Allen kepada Marco Verratti. Nama terakhir lantas mengambil tendangan bebas dan memberikan umpan yang agak sedikit rendah ke kotak penalti Wales.

Pessina yang berdiri relatif bebas di kotak 16 pun mampu membelokkan arah bola ke pojok kanan gawang Wales.

Susunan Pemain:

Italia XI (4-3-3): Donnarumma; Toloi, Bonucci, Bastoni, Emerson; Pessina, Jorginho, Verratti; Chiesa, Belotti, Bernardeschi.

Pelatih: Roberto Mancini (Italia)

Wales XI (5-3-2): Ward; Roberts, Gunter, Rodon, Ampadu, N. Williams; Morrell, Allen, Ramsey; D. James, Bale.

Pelatih interim: Rob Page (Wales)

Komentar