alexametrics

Jadi Pemain Terbaik Euro 2020, Donnarumma: Kiper Terhebat Italia Tetap Buffon

Rully Fauzi
Jadi Pemain Terbaik Euro 2020, Donnarumma: Kiper Terhebat Italia Tetap Buffon
Ekspresi kiper Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma usai timnya menjuarai Euro 2020 pasca mengalahkan Inggris pada laga final di Wembley, London, Senin (12/7/2021) pagi WIB. [FACUNDO ARRIZABALAGA / POOL / AFP]

Gianluigi Donnarumma tetap membumi meski tampil ciamik sepanjang turnamen untuk membawa Timnas Italia kampiun Euro 2020.

Suara.com - Kiper Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma terpilih sebagai Pemain Terbaik Euro 2020 usai tampil ciamik sepanjang turnamen dan membawa Gli Azzurri keluar sebagai juara.

Meski demikian, kiper berusia 22 tahun itu tetap membumi dengan menyebut penjaga gawang legendaris, Gianluigi Buffon tetaplah kiper terhebat Italia, bukan dirinya.

Donnarumma tak ragu mengakui bahwa dirinya banyak terinspirasi dari Buffon sehingga dia bisa seperti sekarang.

Donnarumma sendiri kembali menampilkan aksi heroiknya ketika membawa Italia memenangi adu penalti lawan Inggris pada laga final Euro 2020, yang dihelat di Wembley, London, Senin (12/7/2021) pagi WIB.

Baca Juga: Bangganya Giorgio Chiellini Menapak Tilas Jejak Fabio Cannavaro

Donnarumma mampu memblok tendangan dua pemain Inggris, Jadon Sancho dan Bukayo Saka, yang membuat Italia menang 3-2 di babak tos-tosan dan berhak menyabet trofi juara Euro 2020.

Berkomentar usai terpilih sebagai pemain terbaik turnamen, Donnarumma tak sungkan menyebut nama Buffon sebagai sosok yang diteladaninya.

"Italia juara Euro 2020 dan saya adalah kipernya, namun Gigione (Buffon) adalah kiper terbaik Italia yang pernah ada. Dia tetap yang terbaik, itu sudah tak perlu diragukan lagi," tutur Donnarumma seperti dilansir football-italia, Senin (12/7/2021).

Kiper Timnas Italia Gianluigi Donnarumma (kanan) menerima penghargaan pemain terbaik di turnamen Euro 2020 usai Italia meraih juara setelah mengalahkan Inggris saat final di Wembley Stadium, London, 11 Juli 2021. JOHN SIBLEY / POOL / AFP
Kiper Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma (kanan) terpilih sebagai Pemain Terbaik Euro 2020. [JOHN SIBLEY / POOL / AFP]

"Saya berusaha memberikan yang terbaik, membantu tim ini. Namun sekali lagi, dia (Buffon) tetap yang nomor satu," sambungnya memuji sang senior. 

Ihwal keberhasilan Italia menjadi juara di hadapan puluhan ribu suporter Inggris di Wembley, Donnarumma menilai Azzurri memang pantas menang di final dan keluar sebagai kampiun.

Baca Juga: Leonardo Bonucci Jadi Star of the Match Final Euro 2020

"Melawan Inggris sama sekali tak mudah, mereka penuh kualitas di segala lini. Juga tidak mudah karena Inggris bertahan dengan sangat baik. Tapi, kami luar biasa dan sangat jelas bahwa kami pantas mendapatkan ini semua," pungkas Donnarumma.

Komentar