alexametrics

Profil Saddil Ramdani, Pemain Indonesia di Liga Malaysia

Irwan Febri Rialdi
Profil Saddil Ramdani, Pemain Indonesia di Liga Malaysia
Potret aksi Saddil Ramdani bersama Sabah FC. (Instagram/saddilramdanii)

Saddil Ramdani merupakan salah satu pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri

Suara.com - Tak terlalu banyak pemain Indonesia yang memutuskan dan mendapat kesempatan berkarier di luar negeri, salah satu yang kini sedang melakoninya adalah Saddil Ramdani.

Saat ini Saddil berstatus sebagai pemain di tim Liga Malaysia (Malaysia Super League), Sabah FC. Saddil bergabung dengan tim yang dilatih oleh mantan penyerang Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

Saddil lahir di Raha, Sulawesi Tenggara, pada 2 Januari 1999. Ia sangat menggemari sepak bola sejak kecil, namun tak pernah mengecap pendidikan di sekolah sepak bola (SSB). Seorang pemandu bakat lantas membawa Saddil ke ASIFA, akademi sepak bola bentukan Aji Santoso di Malang.

Kemampuan Saddil kian terasah di sana hingga akhirnya dikontrak oleh Persela Lamongan pada 2016. Saddil yang saat itu belum lulus SMA, tetap bermain sambil bersekolah hingga akhirnya lulus pada 2018.

Baca Juga: Cetak Tiga Gol dari 10 Laga, Saddil Ramdani Diganjar Kontrak Baru oleh Sabah FC

Performa Saddil Ramdani yang menjanjikan di Persela, membuat namanya dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19 arahan Eduard Tjong pada 2015. Saddil juga masuk ke skuat Timnas Indonesia untuk SEA Games 2017 arahan Luis Milla.

Setelah itu, Saddil menjadi langanan Timnas Indonesia untuk mengikuti berbagai kejuaraan kelompok umur, seperti Piala AFF U-18 dan kualifikasi Piala Asia U-23.

Performa dan pengalamannya di berbagai kejuaraan tersebut membuat Saddil Ramdani menjadi salah satu talenta muda menjanjikan di Asia Tenggara. Kondisi ini dibuktikan dengan direkrutnya Saddil oleh tim Liga Malaysia, Pahang F.A pada Januari 2019.

Setelah satu tahun di Malaysia, Saddil memutuskan untuk kembali bermain di Indonesia dengan bergabung bersama Bhayangkara FC. Namun, Saddil tak bisa memberikan banyak kontribusi buat Bhayangkara lantaran Liga 1 2020 dibatalkan akibat pandemi COVID-19.

Setelah kontraknya dengan Bhayangkara habis dan Liga 1 yang tak kunjung berjalan, Saddil memutuskan kembali berlaga di Malaysia. Kali ini, Saddil memilih Sabah FC untuk mengarungi Malaysia Super League 2021.

Baca Juga: 5 Top Bola Sepekan: Alasan Shin Tae-yong Abaikan Saddil Ramdani

Saddil mencetak gol perdana buat Sabah pada 16 Maret 2021 ke gawang mantan klubnya, Pahang. Sejauh Malaysia Super League 2021 berjalan, Saddil sudah mencetak 3 gol untuk Sabah.

Komentar