alexametrics

Mengenal Cliff Bastin, Salah Satu Top Skor Arsenal yang Tuli

Rauhanda Riyantama
Mengenal Cliff Bastin, Salah Satu Top Skor Arsenal yang Tuli
Mantan pemain Arsenal, Cliff Bastin. (Dok. Arsenal)

Cliff Bastin mulai berseragam Arsenal di akhir musim 1928/29.

Suara.com - Kekurangan yang dimiliki oleh Cliff Bastin tak menghalanginya untuk bisa berprestasi, salah satunya saat jadi top skor Arsenal. Sosok kelahiran 14 Maret 1912 ini memiliki gangguan pendengaran atau tuli selama berkarier sebagai pesepak bola.

Karier sepak bola profesional Bastin dimulai ketika usianya 16 tahun dengan membela tim Exeter City pada 1928. Performa Bastin menarik perhatian pelatih Arsenal, Herbert Chapman, untuk merekrutnya di akhir musim 1928/29.

Dengan usianya yang masih sangat muda, Bastin mampu merebut tempat utama di tim Arsenal. Gangguan pendengaran yang dialaminya seolah tak bukan halangan baginya menjadi penyerang haus gol.

Dalam 21 laga, ia mampu mencetak tujuh gol saja dan Arsenal pun finis di peringkat 14. Meski dicap buruk di musim perdananya, Cliff Bastin mampu membawa Arsenal menjuarai Piala FA dan menjadi pemain termuda yang bermain di final (18 tahun 43 hari).

Baca Juga: Emile Smith Rowe Diantara Mesut Ozil dan Dennis Bergkamp

Performa Cliff Bastin menanjak di musim keduanya. Ia mampu menorehkan 28 gol di Liga Inggris dan sukses membawa Arsenal menjuarai liga. Performa itu membuat Cliff mendapat panggilan memperkuat Timnas Inggris.

Perang Dunia Ke-2 sempat membuat karier Bastin terhambat di usianya ke-27 tahun. Ia dipanggil untuk ikut dalam dinas militer. Namun, Cliff dibebaskan dari dinar militer karena gagal dalam tes pendengaran tentara karena tulinya semakin parah.

Cliff Bastin melanjutkan kariernya bersama Arsenal. Meski tak bisa mendengar panggilan dari pelatih atau rekannya, Bastin lebih mengedepankan pengelihatannya. Dengan keterbatasan itu, Bastin mampu membuktikan tetap berprestasi.

Tercatat, 18 tahun lamanya Bastin membela Arsenal dengan mempersembahkan 5 gelar juara Liga Inggris, 2 trofi Piala FA, dan 5 kali Charity Shield buat Meriam London.

Dengan total torehan 178 gol dari 396 laga di lintas kompetisi, Cliff Bastin pernah menyadang status sebagai top skor Arsenal selama kurun waktu 1939 hingga 1997. Ian Wright menyalip perolehan gol Bastin, kemudian disusul Thierry Henry.

Baca Juga: Catatan Rahasia Kebangkitan Performa Jesse Lingard di West Ham Musim Lalu

Jika ditotal, Bastin kini menjadi topskorer ketiga sepanjang masa Arsenal. Atas kontribusinya ini, Cliff Bastin mendapat berbagai macam penghargaan individu. Bastin juga termasuk ke dalam daftar Hall of Fame sepak bola Inggris.

Komentar