facebook

Rakor PSSI, BNPB, dan Polri Soal Gelaran Liga 1, Menpora: Pemerintah Mendukung

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Rakor PSSI, BNPB, dan Polri Soal Gelaran Liga 1, Menpora: Pemerintah Mendukung
Menpora, Zainudin Amali. (Dok: Kemenpora)

Amali menuturkan apa yang dipaparkan PSSI serta PT LIB direspons baik oleh BNPB dan Polri.

Suara.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menuturkan pemerintah mendukung penuh gelaran Liga 1 2021/2022 yang akan bergulir pada 20 Agustus mendatang. Namun, dengan catatan protokol kesehatan (prokes) dipatuhi sesuai dengan ketentuan.

Ini setelah Zainudin Amali mendengar pemaparan yang dilakukan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator dalam agenda rapat koordinasi, Jumat (6/8/2021). Dalam rakor tersebut juga hadir perwakilan Mabes Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Amali menuturkan apa yang dipaparkan oleh PSSI serta PT LIB direspons baik oleh BNPB dan Polri. Oleh karena itu, dalam hal ini pemerintah mendukung kompetisi berjalan dengan catatan.

"Kami berkesimpulan gelaran liga ini penting dan pemerintah dukung itu. Tapi ada syarat-syarat prokes diperketat," kata Zainudin Amali dalam jumpa pers virtual, Jumat (6/8/2021).

Baca Juga: Masuk Daftar "Contact Tracing" COVID-19, Shin Tae-yong Tunda Keberangkatan ke Indonesia

"Kalau memang kepolisian minta rekomendasi, saya akan berikan. Tadi tidak ada yang keberatan, tapi ada catatan yang memang harus dipatuhi," jelasnya.

Amali melanjutkan apa yang dipaparkan oleh PSSI dan PT LIB sangat bagus. Bahkan, disebutkan menpora kedua belah pihak akan menjalankan kompetisi dengan prokes lebih ketat dari Piala Menpora 2021.

"Kaitannya dengan pelaksanaan liga, semuanya memandang bahwa meski dalam masa pandemi, pemerintah berpandangan tak boleh berhenti kegiatan termasuk liga. Kita sudah punya pengalaman di pramusim (Piala Menpora) dan itu sukses," sambungnya.

"Artinya kita bisa. Kalau kita tidak mampu, tidak bisa, jadi tak sukses seperti itu pramusim. Karena kita punya kemampuan bekerja dalam kondisi sedang ekstra ordinary maka sukses pelaksanaan."

"Memang bedanya kalau turnamen pendek, kompetisi panjang. Dari pemaparan tadi, PSSI dan PT LIB sangat siap. Bahkan nanti lebih ketat ketimbang Piala Menpora lalu," pungkasnya.

Baca Juga: Hak Komersial Liga 1 2021-2022 akan Berbeda Jumlahnya Setiap Pencairan

Sebelumnya, PSSI, PT LIB, dan 18 klub Liga 1 2021/2022 telah sepakat kick-off kompetisi akan dimulai pada 20 Agustus. Adapun buat Liga 2 menyusul kemungkinan dua sampai tiga pekan setelahnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar