alexametrics

6 Kehebatan Gerd Muller yang Dikenang Sepanjang Masa

Rauhanda Riyantama
6 Kehebatan Gerd Muller yang Dikenang Sepanjang Masa
Legenda Bayern Munich dan Timnas Jerman, Gerd Muller. [Diptendu DUTTA / AFP]

Gerd Muller adalah legenda sepak bola Jerman yang baru saja tutup usia.

Suara.com - Dunia sepak bola kembali kehilangan figur pentingnya setelah legenda Bayern Munich dan tim nasional Jerman, Gerd Muller berpulang pada 15 Agustus 2021 lalu.

Kabar berpulangnya Gerd Muller sendiri pertama kali dilaporkan oleh Bayern Munich. Saat itu belum diketahui apa yang menjadi penyebab pria yang dijuluki Der Bomber ini meninggal dunia.

Dalam berbagai laporan, Muller menghembuskan nafas terakhirnya akibat penyakit Alzheimer yang dideritanya. Terlepas dari hal tersebut, kepergiannya meninggalkan luka teramat dalam bagi Bayern Munich dan Jerman.

Semasa bermain, Gerd Muller dikenal sebagai penyerang tajam dengan prestasi membanggakan. Bersama Bayern Munich, ia mampu memenangkan empat gelar Bundesliga, empat gelar Piala Jerman, tiga gelar Liga Champions, dan satu gelar Piala Interkontinental.

Baca Juga: Toni Kroos Girang Lionel Messi Cabut dari Barcelona

Sedangkan bersama tim nasional Jerman, Muller mampu meraih gelar prestisius seperti satu gelar Euro 1972 dan Piala Dunia 1974 di mana ia mencetak gol di dua partai final di dua ajang tersebut.

Karena penampilannya tersebut, Muller pun pernah dianugerahi gelar individu pemain tertinggi yakni  Ballon d’Or pada tahun 1970 mengalahkan nama Bobby Moore dan Luigi Riva.

Untuk menghormati jasa-jasa Gerd Muller, ada baiknya kembali mengenang pencapaiannya yang tentunya akan dikenang sepanjang masa oleh pecinta sepak bola. Berikut daftarnya.

1. From Zero to Hero

Nama besar Muller tak didapatkan begitu saja. Ia bergabung dengan Bayern Munich yang kala itu berada di kasta kedua, Regionalliga Sud, pada 1964.

Baca Juga: Sergio Aguero Tolak Kenakan Nomor Punggung Lionel Messi

Semusim berselang, Muller mampu membawa Bayern Munich promosi ke kasta tertinggi (Bundesliga) dan menorehkan tinta emasnya dengan rentetan gelar kolektif seperti gelar juara dan gelar individu sebagai pemain terbaik Jerman.

Komentar