alexametrics

Pesta Gol ke Gawang Lithuania, Timnas Italia Perpanjang Rekor Tak Terkalahkan

Arief Apriadi
Pesta Gol ke Gawang Lithuania, Timnas Italia Perpanjang Rekor Tak Terkalahkan
Penyerang timnas Italia Moise Kean (kanan) melakukan selebrasi dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Italia vs Lithuania di Stadion Citta del Tricolore di Reggio Emilia pada 8 September 2021. Vincenzo PINTO / AFP.

Timnas Italia kini tak terkalahkan dalam 37 laga resmi, melampaui rekor yang sebelumnya dipegang timnas Brasil dan Spanyol.

Suara.com - Timnas Italia mengukir rekor baru dengan mencatatkan 37 laga tak terkalahkan di laga resmi. Hal itu terjadi pasca Gli Azzuri menghancurkan Lithuania 5-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Kamis (9/9/2021) dini hari WIB.

Melansir Football-Italia, catatan ini mengalahkan rekor yang sebelumnya berhasil diukir oleh Brazil dan Spanyol.

Catatan tak terkalahkan Italia dimulai pada 10 Oktober 2018 ketika Gli Azzuri bermain imbang 1-1 melawan Ukraina di pertandingan persahabatan.

Pada 37 pertandingan tak terkalahkan ini, skuad asuhan Roberto Mancini tercatat mengemas 30 kemenangan dan 7 hasil imbang diantaranya pada ajang Nations League, kualifikasi Euro, kualifikasi Piala Dunia , Euro 2020 dan pertandingan persahabatan.

Baca Juga: Islandia vs Jerman: Tim Panser Menang Telak 4-0

Pencapaian ini berhasil melampaui torehan dari timnas Brazil yang mencatatkan 36 pertandingan tak terkalahkan pada rentang tahun 1993 hingga 1996.

Meskipun begitu, ada beberapa perdebatan soal rekor Brazil ini karena adanya pertandingan melawan Rumania B pada September 1995 yang masih diperdebatkan soal apakah sudah terpenuhinya syarat sebagai pertandingan resmi.

Selain rekor yang dimiliki Brazil, Italia juga melewati pencapaian timnas Spanyol yang sukses 35 tak terkalahkan di pertandingan resmi antara tahun 2007 hingga 2009.

Pada kemenangan melawan Lithuania ini juga, timnas Italia berhasil mempertahankan 100 persen kemenangan ketika bertanding di Kota Reggio-Emilia, dengan berhasil memenangkan empat pertandingan yang dihelat di kota ini.

Selanjutnya dijadwalkan, timnas Italia akan menghadapi Spanyol pada semi final UEFA Nations League yang akan digelar di Stadion San Siro, Milan, 7 Oktober, demikian dilansir dari Antara.

Baca Juga: Hasil Kualfikasi Piala Dunia 2022: Gol Menit Akhir Buyarkan Kemenangan Inggris

Komentar