alexametrics

8 Striker Haus Gol Tapi Tak Pernah Jadi Top Skor, Salah Satunya Romelu Lukaku

Syaiful Rachman
8 Striker Haus Gol Tapi Tak Pernah Jadi Top Skor, Salah Satunya Romelu Lukaku
Striker Chelsea Romelu Lukaku menciptakan gol semata wayang saat The Blues menaklukkan Zenit St Petersburg dalam laga Grup H Liga Champions League di Stamford Bridge, London, Inggris, 14 September 2021. (AFP)

David Villa juga bernasib sama seperti Romelu Lukaku.

Suara.com - Tak terhitung jumlahnya seorang striker hebat di liga-liga top Eropa dalam mencetak gol. Namun demikian, di daftar pencetal gol terbanyak, nama-nama pemain yang berstatus bintang malah terlempar.

Sejatinya, para penyerang ini adalah tumpuan tim dalam mencetak gol. Ada suatu masa, tim yang dibelanya juga keluar sebagai juara.

Alih-alih menyebet penghargaan sepatu emas di akhir musim, nama mereka justru kalah dari tim yang tak juara. Berikut 8 penyerang yang haus gol tapi belum pernah menyabet top skor di liga domestik

Striker Chelsea Romelu Lukaku usai membantu skuatnya mengalahkan Arenal pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris  di Stadion Emirates di London pada 22 Agustus 2021. JUSTIN TALLIS / AFP
Striker Chelsea Romelu Lukaku usai membantu skuatnya mengalahkan Arenal pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris di Stadion Emirates di London pada 22 Agustus 2021. JUSTIN TALLIS / AFP

Romelu Lukaku

Baca Juga: Borneo FC Tahan Imbang Barito Putera, Ahmad Amiruddin Puas

Lukaku sudah pernah mencicipi atmosfer kompetisi Liga Inggris dan Italia. Pemain Belgia itu bahkan selalu menjadi tumpuan tim dalam mencetak gol.

Selama berseragam West Brom, Chelsea, Everton, MU, dan Inter Milan, Lukaku gagal menjadi yang terbaik. Jika tak di posisi kedua, Lukaku ada di urutan di bawahnya.

Termasuk musim lalu ketika ia mengantar Inter Milan menjuarai Serie A namun hanya berada di posisi dua daftar top skor. Mengoleksi 24 gol, Lukaku kalah dari Cristiano Ronaldo yang mengemas 29 gol di sepanjang musim 2020/21 Serie A.

Dennis Bergkamp

Bergkamp adalah tulang punggung Arsenal di era 2000an. Beberapa titel sudah dipersembahkan oleh pemain berkebangsaan Belanda itu.

Baca Juga: Bermain dengan 10 Pemain, Persita Permalukan Persela di Pekan Ketiga Liga 1

Hanya saja, saat meraih gelar juara, namanya kerap tersalip oleh bomber Arsenal lainnya, Thierry Henry. Pemain Perancis itu sudah tiga kali menyalip Bergkamp.

Diego Costa

Tak dimungkiri, Costa adalah mesin gol di setiap klub yang dia bela. Pada musim 2013/14, dirinya pernah mencetak 27 gol di La Liga saat berseragam Atletico Madrid.

Sayangnya torehan gol Costa ketika itu masih kalah dari Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang hampir selama satu dekade berebut El Pichichi.

Mario Mandzukic kembalikan gajinya ke AC Milan karena tak bermain lantara cedera yang dialaminya. (MIGUEL MEDINA / AFP)
Mario Mandzukic kembalikan gajinya ke AC Milan karena tak bermain lantara cedera yang dialaminya. (MIGUEL MEDINA / AFP)

Mario Mandzukic

Karier Mandzukic di pentas Eropa tak perlu diragukan lagi. Pemain Kroasia itu sudah pernah mencicipi atmosfer Liga Italia, Jerman, dan Spanyol.

Hanya saja namanya selalu gagal tampil sebagai yang terbaik di akhir musim. Padahal, bicara catatan bermain, Mandzukic terbilang rutin masuk daftar susunan sebelas awal.

Wayne Rooney

Rooney tumbuh sebagai penyerang murni. Kecepatan, sepakan, hingga finising si pemain asal Inggris ini harus diakuik di atas rata-rata.

Hanya, saat masih berseragam MU, nama Rooney belum sekali jua menjadi yang terbaik. Meski sudah mencetak 235 gol, ia belum pernah merasakan sepatu emas.

David Villa

David Villa menjalani masa keemasannya sejak di Valencia dan Barcelona. Tak sampai di sana, kejayaan Villa berlanjut ketika berseragam Timnas Spanyol.

Tapi Villa belum pernah sekalipun menjadi top skor di kancah domestik. Meski dirinya sudah menjadi top skor Piala Dunia dan Piala Eropa.

Mantan pemain Liverpool Robbie Fowler. [AFP]
Mantan pemain Liverpool Robbie Fowler. [AFP]

Roobie Fowler

Fowler selalu jadi tumpuan Liverpool sejak musim 1994 hingga 1997. Namanya selalu memuncaki daftar teratas pencetak gol bagi The Reds.

Tapi untuk daftar pencetak gol di pentas domestik, ia selalu gagal.

Fernando Torres

Torres adalah salah satu penyerang tersubur di Liga Premier. Saat masih Berseragam Liverpool, namanya pernah menjadi pencetak gol terbanyak tim.

Tapi, sama seperti Fowler, pemain asal Spanyol itu gagal menyabet gelar top skor di kancah domestik.

[Penulis: Kusuma Alan]

Komentar