alexametrics

Profil Ian Andrew Gillan, Pelatih Kepala PSIS Semarang yang Baru

Rully Fauzi
Profil Ian Andrew Gillan, Pelatih Kepala PSIS Semarang yang Baru
Pelatih anyar PSIS Semarang, Ian Andrew Gillan. [Ist]

Ian Andrew resmi menggantikan posisi Dragan Djukanovic, setelah tim sebelumnya juga sempat dipegang Imran Nahumarury sebagai caretaker.

Suara.com - PSIS Semarang resmi menunjuk nama Ian Andrew Gillan sebagai pelatih baru mereka untuk mengarungi Liga 1 musim ini.

Ian Andrew menggantikan pelatih asal Serbia, Dragan Djukanovic yang mundur sebelum Liga 1 2021-2022 bergulir. CEO PSIS, Yoyok Sukawi pun berharap Ian bisa mengangkat prestasi tim kebangaan Ibu Kota Jawa Tengah itu.

Ian dinilai memiliki banyak pengalaman karena pernah melatih tim-tim di Asia Tenggara mulai dari Filipina hingga Malaysia.

"Setelah menjalani proses seleksi yang panjang, manajemen akhirnya memutuskan menunjuk Ian Andrew Gillian sebagai pelatih," kata Yoyok Sukawi.

Baca Juga: Penyebab Andritany Absen Bela Persija Lawan Persipura, Ternyata Kena DBD

Seperti apa sosok Ian Andrew sesungguhnya? Berikut profilnya yang dihimpun dari berbagai sumber.

Profil Ian Andrew

Ian Andrew Gillan merupakan sosok kelahiran Aberdeen, Skotlandia, pada 16 Januari 1965. Ketika masih aktif bermain dulu, Ian Andrew berposisi sebagai gelandang.

Dia tercatat pernah bermain di tim asal Australia, Dulwich Hill, pada 1992. Setelah pensiun, dia memulai karier sebagai pelatih pada tahun 2000.

Ian memulainya sebagai pelatih tim U-19 St George, sebuah tim semi-pro di Australia. Kebanyakan Ian memulai kariernya sebagai pelatih di Australia.

Baca Juga: Cetak Gol Krusial Lawan Arema, Mario Maslac Dipuji Habis Pelatih PSS

 Di dia pernah menjadi staf pelatih beberapa klub seperti Ryde City, Penrith Nepean United, hingga Fraser Park.

Pada tahun 2010-2013, Ian Andrew Gillan juga pernah menjadi staf pelatih di Perth Glory FC, Australia.

Ian Andrew Gillan juga pernah menjadi direktur teknik Kedah FA Malaysia pada tahun 2015 setelah di tahun 2014 menjadi asisten pelatih tim senior.

Pada 2017, Ian Andrew Gillan kemudian menjadi pelatih kepala Ilocos United di Liga Filipina. Ian Andrew Gillan Dia juga pernah menjadi pelatih kepala Sarawak FA di Liga Malaysia pada tahun 2018-2019.

Pada tahun 2020, Ian kembali ke Malaysia untuk menjadi pelatih Kedah FA Malaysia. Ian Andrew lantas melanjutkan kariernya di Indonesia dan PSIS menjadi tim pertama yang dilatih olehnya di sepak bola Tanah Air.

[Aditia Rizki]

Komentar