alexametrics

Timnas Indonesia vs Taiwan Main di Thailand, Ini Alasannya

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Timnas Indonesia vs Taiwan Main di Thailand, Ini Alasannya
Pesepak bola Timnas Indonesia Evan Dimas (ketiga kiri) melakukan selebrasi dengan rekan-rekannya usai membobol gawang Timnas Thailand dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (3/6/2021) ANTARA FOTO/Humas PSSI/handout/APP/hp. [HUMAS PSSI/HUMAS PSSI]

Kedua negara sepakat menggelar laga ini pada 7 dan 11 Oktober 2021

Suara.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan pertandingan Timnas Indonesia vs Taiwan pada babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 akan berlangsung di Thailand. Situasi pandemi Covid-19 jadi salah satu penyebab berlangsungnya duel di tempat netral.

Semula, pertandingan tersebut berlangsung dengan format home away. Indonesia dijadwalkan lebih dahulu menjadi tuan rumah pada September ini, kemudian Taiwan pada Oktober.

Kemudian, kedua negara pun sepakat menggelar laga ini pada 7 dan 11 Oktober 2021. Setelah melalui beberapa pertimbangan, akhirnya Thailand dipilih sebagai lokasi pertandingan.

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan saat memberikan keterangan pers di Indomilk Arena, Tangerang, Minggu (29/8/2021) malam WIB. (Dok. PSSI).
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan saat memberikan keterangan pers di Indomilk Arena, Tangerang, Minggu (29/8/2021) malam WIB. (Dok. PSSI).

Iriawan menjelaskan sulit menggelar pertandingan dengan sistem kandang dan tandang. Pasalnya, ada aturan karantina bagi pendatang yang tentu hal tersebut memberatkan.

Baca Juga: Tiga Klub Liga 2 yang Tunggak Gaji Pemain Bisa Berkompetisi, Begini Penjelasan PSSI

"Karena, kan orang asing belum bisa masuk ke Indonesia. Walaupun sekarang sih sudah bisa," kata Iriawan saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (28/9/2021).

"Tetapi karena dalam bidding ketentuannya demikian, makanya begitu (ke Thailand). Jadinya kami sepakat main di luar," tambah lelaki yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

PSSI memastikan lokasi pertandingan Timnas Indonesia melawan Taiwan digelar di Stadion Chang Arena. Kandang dari klub Buriram United itu sebelumnya sudah digunakan untuk fase grup Liga Champions Asia 2021.

"Sudah fix ke Thailand, mungkin Timnas Indonesia berangkat pada H-7 atau awal Oktober," terang mantan Kapolda Metro Jaya tersebut.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun sudah mulai mempersiapkan tim jelang pertandingan tersebut. Terakhir, juru formasi asal Korea Selatan tersebut telah memanggil 36 pemain untuk mengikuti training camp (TC).

Baca Juga: PSSI: Sponsor Liga 2 Bukan BRI

TC akan terus digelar hingga keberangkatan skuad Garuda ke Thailand. Meski begitu, pemain yang dipanggil TC diperbolehkan kembali ke klubnya masing-masing untuk memperkuat timnya di Liga 1 2021/2022.

Komentar