alexametrics

Profil Osas Saha, Bomber Anyar Klub Liga 2 AHHA PS Pati

Syaiful Rachman
Profil Osas Saha, Bomber Anyar Klub Liga 2 AHHA PS Pati
Osas Saha (tengah) saat dikenalkan sebagai pemain baru AHHA PS Pati FC alias PSG Pati (dok. AHHA PS Pati FC).

Osas Saha merupakan pemain naturalisasi.

Suara.com - Kejutan datang dari kontestan Liga 2, AHHA PS Pati yang resmi memperkenalkan Osas Saha sebagai rekrutan anyar mereka.

Kabar ini disampaikan oleh AHHA PS Pati melalui akun Instagram resmi mereka pada Senin (11/10/2021).

Hadirnya Osas Saha menambah panjang daftar pemain eks Liga 1 atau pemain berpengalaman di AHHA PS Pati.

Hadirnya Osas Saha diharapkan bisa mendongkrak penampilan AHHA PS Pati yang belum apik di fase Grup C Liga 2. Dari 3 laga, mereka baru meraih 1 poin. Berikut profil Osas Saha

Baca Juga: AHHA PS Pati Belum Pernah Menang di Liga 2, Curhatan Atta Halilintar Ini Bikin Nyesek

Pemain PSM Makassar saat ditemui di Kawasan Cibinong, Bogor, Selasa (28/1/2020). (Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha)
Osas Saha  ditemui di Kawasan Cibinong, Bogor, Selasa (28/1/2020). (Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha)

Profil Osas Saha

Osas Marvelous Ikpefua , atau dikenal sebagai Osas Saha lahir pada 20 November 1986 di Warri, Nigeria.

Saha sendiri banyak menghabiskan karier sepak bola di Indonesia. Menurut catatan Transfermarkt, Sebelumnya dia memulai karier di negara asalnya, Prime FC pada 2007.

Setelah itu dia pindah ke KF Elbasani, klub asal Albania pada 2008. Satu musim di sana, Osas Saha memulai petualangannya di Indonesia pada 2008.

Klub Indonesia pertama yang dibela Osas Saha di Indonesia adalah PSDS Deli Serdang. Dia tampil apik dengan mencetak 11 gol dari 21 laga. Kemudian dia pindah ke PSMS Medan.

Baca Juga: Jawa Timur Disingkirkan Aceh di Semifinal, Rudy Keltjes: Kami Terlalu Menggebu-gebu

Tak cukup apik penampilan Saha di sana karena cuma mencetak 4 gol dari 15 laga. Dia akhirnya pindah ke PSAP Sigli pada 2010. Di sini dia menunjukkan ketajamannya dengan mencetak 29 gol dari 26 laga.

Ketajamannya itu membuat PSMS Medan kembali merekrutnya untuk Indonesia Super League 2011/12. Saha tampil apik dengan kontribusi 19 gol dari 32 pertandingan.

Setelah PSMS, Osas Saha cukup sering pindah tim mulai dari Persepam Madura United, Persisam Putra Samarinda, Persiram Raja Ampat, Semen Padang, hingga Perseru Serui.

Saha sempat berpetualang ke Malaysia dengan bergabung bersama Penang FA di tahun 2016. Namun, setelah hanya mencetak 5 gol di sana, Saha akhirnya kembali ke Indonesia.

Saha bergabung dengan Persija Jakarta pada 2018. Namun, saat itu dia tak dihitung sebagai pemain asing karena sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Mei 2018.

Di level tim nasional, pemain yang berposisi sebagai striker itu sebenarnya sempat mencuat di Nigeria.

Hal itu terbukti kala dia pernah dipanggil Timnas Nigeria pada jenjang U-17 hingga U-20. Namun tak pernah merasakan tampil bersama timnas senior.

Dia justru mendapat kesempatan untuk membela Timnas Indonesia. Osas Saha menjalani debutnya bersama Indonesia saat melawan Thailand pada September 2019 lalu.

[Penulis: Aditia Rizki]

Komentar