alexametrics

5 Pemain Liga 1 Jebolan PON, di Antaranya Kapten Timnas Indonesia Evan Dimas

Syaiful Rachman
5 Pemain Liga 1 Jebolan PON, di Antaranya Kapten Timnas Indonesia Evan Dimas
Evan Dimas Darmono (dok. pssi.org)

Cukup banyak pemain Indonesia yang merasakan atmosfer PON sebelum menjadi pesepak bola profesional.

Suara.com - Kamis (14/10/2021) gelaran sepak bola putra PON (Pekan Olahraga Nasional) selesai digelar. Tuan rumah Papua keluar sebagai peraih medali emas.

Emas didapatkan Papua usai mengalahkan Aceh di laga final dengan skor 2-0. Beberapa pemain pun mendapat sorotan karena menunjukkan penampilan menawan di sepanjang turnamen.

Hadirnya PON juga menjadi wadah bagi para pemain muda Indonesia untuk unjuk kebolehan. Tidak sedikit pemain-pemain jebolan PON yang kemudian melanjutkan karier sebagai pemain profesional di Liga 1 bahkan hingga masuk ke Timnas Indonesia.

Berikut beberapa pemain Liga 1 yang merupakan jebolan PON.

Baca Juga: Shin Tae-yong Ingin Pemain Timnas Indonesia Cepat Beradaptasi dengan Cuaca di Tajikistan

Mantan penyerang Timnas Indonesia, Boaz Solossa. [KARIM JAAFAR / AFP]
Mantan penyerang Timnas Indonesia, Boaz Solossa. [KARIM JAAFAR / AFP]

1. Boaz Solossa

Salah satu jebolan PON yang namanya paling mencuri perhatian adalah Boaz yang membela Papua di PON XVI Sumatera Selatan. Ketika itu usia Boaz masih 17 tahun.

Boaz tampil memukau membawa Papua menjadi juara bersama dengan Jawa Timur. Penampilan Boaz membuat pelatih Timnas saat itu, Peter White, memanggilnya untuk ikut di Piala AFF 2004.

Padahal Boaz sendiri belum pernah bermain bersama klub di level senior. Di Piala AFF 2004 itu, Indonesia dikalahkan Singapura di laga final. Saat ini Boaz membela klub Borneo FC di Liga 1.

2. Bayu Gatra

Baca Juga: 4 Pemain Timnas Australia U-23 yang Kini Merumput di Inggris

Bersinar di PON XVIII Riau 2012 dan turut mengantarkan Kaltim meraih medali emas. Bayu Gatra dan Lerby Eliandry merupakan pemain unggulan tim pada waktu itu.

Bayu Gatra sempat membela beberapa klub Liga 1, mulai dari Putra Samarinda, Bali United, PSM Makassar, dan kini di Madura United.

3. Andik Vermansah

Masih dari Jawa Timur, kali ini nama Andik Vermansah yang mencuri perhatian lewat penampilan apiknya di PON XVII Kalimantan Timur. Andik membawa Jawa Timur keluar sebagai peraih medali emas.

Andik lantas memperkuat Persebaya Surabaya, tempat kelahirannya. Andik beberapa kali berkarier di luar negeri dan kini bergabung di Bhayangkara FC. Andik juga sempat jadi andalan Timnas Indonesia baik di level kelompok umur dan senior.

Kapten Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono saat jumpa pers sehari jelang menghadapi Taiwan di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Buriram, Thailand (dok. PSSI).
Kapten Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono saat jumpa pers sehari jelang menghadapi Taiwan di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Buriram, Thailand (dok. PSSI).

4. Evan Dimas

Salah satu pemain jebolan PON yang sampai saat ini masih harum namanya adalah Evan Dimas. Meski gagal meraih emas di PON XVIII di Riau, Evan yang membela Jawa Timur mampu mencuri perhatian.

Evan yang saat ini membela Bhayangkara FC, merupakan andalan Timnas U-19 yang menjuarai Piala AFF U-19 2013. Teranyar, dia menjadi kapten Timnas Indonesia yang kini dilatih oleh Shin Tae-yong.

5. Febri Hariyadi

Winger yang kini membela Persib Bandung itu pertama kali mencuat di gelaran PON XIX Jawa Barat pada 2016. Dia menjadi kunci keberhasilan Jawa Barat meraih emas sepak bola putra PON.

Febri lantas masuk ke tim utama Persib di tahun yang sama. Sejak saat itu Febri Haryadi beberapa kali mendapat panggilan memperkuat Timnas Indonesia.

[Penulis: Aditia Rizki]

Komentar