alexametrics

Persebaya Mengamuk di Maguwoharjo, Bantai Persipura 3-1

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Persebaya Mengamuk di Maguwoharjo, Bantai Persipura 3-1
Pesepak bola Persebaya Surabaya Ricky Kambuaya (kanan) melakukan selebrasi [Foto: Antara]

Persebaya sempat tertinggal lebih dulu.

Suara.com - Persebaya Surabaya sukses mengamankan tiga poin usai mengalahkan Persipura Jayapura, 3-1 pada pertandingan pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (16/10/2021). Sempat tertinggal, Persebaya justru bisa membalikkan keadaan.

Pertandingan Persipura kontra Persebaya berlangsung ketat sejak awal. Kedua tim tidak ragu melancarkan jual beli serangan sejak bola digulirkan.

Banyak peluang yang didapat kedua tim di babak pertama ini. Namun, Bajul Ijo --julukan Persebaya-- lebih mendominasi dalam serangan.

Adapun Persipura sesekali juga membahayakan gawang Persebaya. Mengandalkan permainan cepat, Mutiara Hitam --julukan Persipura-- sering merepotkan Rachmat Irianto dan kawan-kawan.

Baca Juga: Piala Thomas: Anthony Sinisuka Ginting Tumbang, Denmark Ungguli Indonesia 1-0

Namun, tidak ada gol yang tercipta hingga turun minum.

Persipura bermain lebih berani di babak kedua ini. Permainan terbuka ditunjukan tim asuhan Jacksen F Tiago.

Persipura pun berhasil memecah kebuntuan di menit 56. Tendangan dari luar kotak penalti Ricky Kayame tidak bisa dihalau Andhika Ramadani.

Tertinggal 0-1 Persebaya, langsung bereaksi dengan memberikan tekanan kepada Persipura bertubi-tubi. Gawang Persipura terus digempur oleh Hambali Tolib dan kolega.

Persebaya bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 64 lewat titi putih. Sepakan keras Jose Wilkson Teixeira meluncur keras ke gawang Fitrul Dwi Rustapa.

Baca Juga: Temukan Tuhan, Eks Pemain Atletico Madrid Gantung Sepatu dan Jadi Penyanyi Religi

Persebaya terus menekan Persipura yang pada akhirnya terciptanya gol pada menit 71. Teise Marukawa berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan blunder kiper Persipura.

Persebaya pun kembali mengubah papan skor di menit 82. Tendangan keras melengkung Bruno Moreira melesat di pojok kanan gawang Fitrul.

Dua kartu merah dikeluarkan wasit di menit 90 untuk masing-masing pemain dari kedua klub karena melakukan aksi kurang terpuji. Bruno Moreira dari Persebaya dan Israel Wamiau dari Persipura meninggalkan arena pertandingan lebih dulu.

Kedua tim terus berusaha untuk mencetak gol. Namun sayang, hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan wasit, skor 3-1 untuk kemenangan Persebaya tetap bertahan.

Susunan pemain

Persipura Jayapura (4-4-2): Fitrul Dwi Rustapa; Ricardo Salampessy (Takuya Matsunaga 72'), Donni Monim, Israel Wamiau, David Rumakiek; M Tahir, H Marcelino, Ian Louis Kabes (Yevhen Bokhashvili 56'), Theo Fillo (Fridolin Kristof 61'); Ricky Kayame, Todd Rivaldo Ferre.

Pelatih: Jacksen F Tiago.

Persebaya Surabaya (4-3-3): Andhika Ramadani; Reva Adi Utama, Ali Sesay, Rachmat Irianto, Ady Setiawan; M Alwi Slamet, Hambali Tholib (Rendy Irwan 68'), Ricky Kambuaya; Taisei Marukawa (Samsul Arif 90+3), Bruno Moreira, Jose Wilkson.

Pelatih: Aji Santoso.

Komentar