alexametrics

Deretan Pesepakbola yang Pernah Merasakan Dinginnya Penjara

Rully Fauzi
Deretan Pesepakbola yang Pernah Merasakan Dinginnya Penjara
Fullback Manchester City, Benjamin Mendy. [Oli SCARFF / AFP]

Kasusnya beragam, dari pemerkosaan hingga menyetir dalam kondisi mabuk.

Suara.com - Pesepakbola tersangkut kasus hukum tentu bukanlah sesuatu yang tak mungkin terjadi. Tercatat ada beberapa pemain, yang bahkan merupakan pemain terkenal, pernah berurusan dengan hukum bahkan sampai masuk penjara.

Beberapa di antaranya hanya mendapat sanksi, namun ada pula yang pernah mendekam dan merasakan dinginnya tembok penjara. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Benjamin Mendy

Kasus ini masih terbilang baru. Bek Manchester City ini ditangkap kepolisian Inggris karena kasus pemerkosaan. Salah satu pelapor masih berusia di bawah 18 tahun.

Baca Juga: Ole Gunnar Solskjaer di Ujung Tanduk, Antonio Conte Siap Tukangi Manchester United

Dilaporkan media-media Inggris seperti Sky Sports dan Daily Mail, Mendy menjalani sidang di pengadilan Chester pada Jumat (27/8/2021) waktu setempat. Ia datang dengan mobil van dari penjara yang dikawal oleh patroli polisi.

Bukan cuma satu, Mendy didakwa atas 4 kasus pemerkosaan dan satu kasus kekerasan seksual. Tiga kasus pemerkosaan terjadi pada Oktober 2020, lalu satu kasus kekerasan seksual terjadi pada Januari 2021, dan satu kasus pemerkosaan terjadi pada Agustus ini.

Sampai saat ini kasusnya masih diselidiki. Sejumlah saksi disebut telah dipanggil termasuk Jack Greaslish dan Riyad Mahrez. Mendy saat ini masih mendekam di penjara hingga persidangannya pada Januari 2022 dimulai.

2. Joey Barton

Pemain sepak bola yang pernah dipenjara selanjutnya adalah mantan pemain Manchester City, Joey Barton. Dia memang dikenal dengan citranya sebagai pesepak bola bangor.

Baca Juga: Jelang PSG vs Leipzig, Marquinhos: Pertandingan Liga Champions Selalu Sulit

 Beberapa tindakan indisipliner pernah dilakukan olehnya. Mulai dari insiden pemukulan terhadap rekan setimnya di City Ousmane Dabo, hingga tindakan brutalnya terhadap beberapa pemain The Citizens pada pekan terakhir Premier League 2011/2012, saat membela Queens Park Rangers.

Barton juga pernah merasakan dinginnya jeruji penjara setelah pengadilan tinggi Inggris menjatuhkan vonis enam bulan penjara pada 2008 atas tuduhan melakukan penganiayaan dan perbuatan tidak menyenangkan kepada seorang pengunjung di salah satu klub malam Kota Liverpool.

3. Adam Johnson

Pemain terkenal lain yang pernah mendekam di penjara adalah Adam Johnson. Dia didakwa melakukan kekerasan seksual terhadap gadis berusia 15 tahun saat membela Sunderland.

Adam mengakui perbuatannya tersebut dan akhirnya resmi ditangkap pada awal Maret 2015. Sejak saat itu dia sudah tak berstatus pemain Sunderland lagi. Meskipun dituntut 6 tahun, Adam Johnson keluar penjara pada tahun 2019 dan tak melanjutkan kariernya sebagai pesepak bola.

4. Tony Adams

Di balik nama besarnya sebagai mantan kapten dan legenda Arsenal, Tony Adams pernah berurusan dengan hukum.

Pada Desember 1990, Adams mengendarai mobilnya dalam keadaan mabuk dan terlibat dalam kecelakan lalu lintas. Dia akhirnya mendekam dipenjara selama dua bulan dan menepi sementara dari lapangan hijau.

[Aditia Rizki]

Komentar