alexametrics

Ernando Ari dan Bagus Kahfi Sudah Tak Asing dengan Pelatih Timnas Australia U-23

Rully Fauzi
Ernando Ari dan Bagus Kahfi Sudah Tak Asing dengan Pelatih Timnas Australia U-23
Penyerang Timnas Indonesia U-23, Bagus Kahfi. [dok. PSSI]

Timnas Indonesia U-23 akan bentrok dengan Australia di kualifikasi Piala Asia U-23.

Suara.com - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Australia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Australia sendiri saat ini dilatih oleh Trevor Morgan.

Bagi beberapa pemain Timnas U-23 seperti Bagus Kahfi dan Ernando Ari, mereka sudah pernah melawan tim yang diracik oleh Morgan.

Adapun, Trevor Morgan merupakan pelatih sementara Australia U-23. Dia menggantikan pelatih sebelumnya yang mengundurkan diri usai Australia tampil jelek di Olimpiade Tokyo 2020.

Morgan yang memang sudah berpengalaman dan sering melatih timnas kelompok umur Australia ini pernah menghadapi Indonesia U-16 pada 2018 lalu.

Baca Juga: Puji Kemenangan Timnas U-23 atas Tajikistan, Ketum PSSI: Semoga Berlanjut Lawan Australia

Momen itu terjadi di pentas Piala Asia U-16 2018. Saat itu Morgan membesut Australia U-16. Di fase grup, Australia berada di Grup D bersama Korea Selatan, Irak, dan Afghanistan.

Di bawah arahan Trevor Morgan, Australia lolos ke babak perempat final dengan status runner-up. Di babak gugur itu, Australia bertemu dengan Indonesia U-16 yang saat itu dilatih Fakhri Husaini.

Indonesia U-16 sendiri lolos ke perempat final dengan status juara Grup C di atas India, iran, dan Vietnam. Indonesia bertemu dengan Australia di Stadion Bukit Jalil, Malaysia.

Saat itu Indonesia U-16 menurunkan skuat terbaik seperti Ernando Ari, Yudha Febrian, Fadillah Nur Rahman, Bagas Kaffa, David Maulana, Komang Teguh, Andre Oktaviansyah, Brylian Aldama, Supriadi, Sutan Zico, dan Bagus Kahfi.

Indonesia mampu unggul lebih dulu di babak pertama berkat gol Sutan Zico. Namun, Australia racikan Trevor Morgan bangkit di babak kedua dengan membalikkan keadaan menjadi 3-1.

Baca Juga: Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia U-23 Bangkit Kalahkan Tajikistan 2-1

Indonesia sebetulnya mampu memperkecil kedudukan menjadi 2-3 lewat gol Rendy Juliansyah, namun hingga waktu berakhir skor tak berubah.

Dengan kemenangan itu tim asuhan Trevor Morgan sukses melaju ke semifinal, sekaligus mendapat tiket otomatis untuk tampil di Piala Dunia U-17 2019.

Bertahun-tahun kemudian, dua pemain Indonesia U-16, Bagus Kahfi dan Ernando Ari, kembali punya kesempatan menghadapi tim racikan Trevor Morgan yang kini berupa Australia U-23.

Kondisi masing-masing kubu jelas berbeda, Trevor Morgan membawa banyak materi baru, sementara Bagus dan Ernando juga kini dilatih oleh Shin Tae-yong di Timnas U-23 Indonesia.

Kedua tim akan berjumpa sebanyak dua kali dalam sistem home-away. Sebab, dua kontestan lain, yakni Brunei Darussalam dan China, telah terlebih dahulu mengundurkan diri.

[Aditia Rizki Nugraha]

Komentar