alexametrics

Profil Jordi Amat, Eks Pemain Swansea yang Mengaku Punya Darah Indonesia

Arief Apriadi
Profil Jordi Amat, Eks Pemain Swansea yang Mengaku Punya Darah Indonesia
Pemain KAS Eupen, Jordi Amat. [Instagram/@jordiamat5]

Jordi Amat jadi perhatian pecinta sepak bola Tanah Air setelah mengaku punya darah Indonesia.

Suara.com - Nama eks penggawa Swansea City dan Espanyol, Jordi Amat tengah menjadi perbincangan penikmat sepak bola Tanah Air menyusul pengakuannya yang memiliki darah Indonesia.

Jordi Amat menjadi salah satu pemain keturunan yang belum lama ini buka-bukaan tentang darah Indonesia yang mengalir di dirinya dan keinginannya membela Timnas Merah Putih.

Pemain yang kini tercatat membela KAS Eupen di Jupiler Pro League atau kasta tertinggi Belgia ini mengaku memiliki darah Indonesia dari sang nenek seperti yang dikutip dari wawancara eksklusif Goal Indonesia.

“Nenek saya dilahirkan di Makassar, Sulawesi dan merupakan sosok penting yang mendukung saya dalam karier sepak bola selama ini,” tutur Jordi Amat.

Baca Juga: Hasil Liga Spanyol: Real Madrid Dipermalukan Espanyol 1-2

“Ibu dari nenek saya berasal dari Siau, dan ayahnya yang tak lain moyang saya adalah M.D Kansil berasal dari Banda Neira, Maluku,” lanjutnya.

M.D Kansil atau Manalang Doelag Kansil bukanlah nama asing bagi orang Sulawesi. Sebab ia dulunya merupakan Raja di Kerajaan Siau (kerajaan yang terletak di Sulawesi Utara) periode 1895 hingga 1908.

“Semenjak kecil, nenek saya sering menceritakan kepada saya tentang moyang saya yang merupakan Raja Siau ke-17 dan kisah-kisah tersebut telah membangunkan lagi naluri ingin tahu saya tentang Indonesia,” ucap Jordi Amat.

Dalam wawancara tersebut pula, Jordi Amat mengakui keinginannya membela Indonesia dan siap diturunkan bila mana PSSI memanggilnya untuk Piala AFF 2020 yang berlangsung Desember nanti.

Jordi Amat: Anak Kesayangan Mauricio Pochettino

Baca Juga: Ada Duel Atletico Madrid vs Barcelona, Simak Jadwal La Liga Spanyol Pekan Kedelapan

Meski memiliki darah Indonesia, Jordi Amat tak pernah merasakan kehangatan dan iklim tropis di Tanah Air. Ia lahir Catalunya, Barcelona dengan nama lengkap Jordi Amat Maas pada 21 Maret 1992 silam.

Komentar