facebook

Alasan Elkan Baggott Rela Lepas Kewarganegaraan Inggris Demi Indonesia

Arief Apriadi
Alasan Elkan Baggott Rela Lepas Kewarganegaraan Inggris Demi Indonesia
Bek Timnas Indonesia U-19, Elkan Baggott. (dok. PSSI)

Menurut Elkan Baggott, faktor keluarga dan dukungan masyarakat Indonesia jadi alasan.

Suara.com - Elkan Baggott nyatanya rela melepas kewarganegaraan Inggris demi Indonesia. Bek tengah yang kini memperkuat Skuad Garuda itu pun membeberkan alasannya.

Menurut Elkan Baggott, faktor keluarga dan masyarakat Indonesia yang selalu mendukungnya menjadi alasan utama kenapa dirinya memilih menjadi WNI.

"Saya memutuskan menjadi WNI (warga negara Indonesia) karena, pertama, keluarga. Saya bangga bisa mewakili keluarga dan negara (saat memperkuat timnas Indonesia-red)," ujar Elkan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (11/11/2021).

Elkan sendiri memiliki seorang ibu berkebangsaan Indonesia dan ayah berkewarganegaraan Inggris. Pesepak bola bertinggi badan 194 centimeter itu lahir di Bangkok, Thailand.

Baca Juga: Nasib Elkan Baggott di Piala AFF 2020 Ada di Tangan Shin Tae-yong

Elkan sudah menerima kartu tanda penduduk (KTP) elektronik dari pemerintah Indonesia pada Selasa (9/11/2021).

Adapun hal lain yang membuat pemain klub Ipswich Town di Inggris itu memilih jalan sebagai warga Indonesia adalah keberadaan para penggemarnya di Tanah Air.

"Cinta dari para fan membuat saya serasa di rumah," tutur Elkan.

Sudah berstatus WNI, Elkan pun bertekad untuk fokus sepenuhnya ke tim nasional Indonesia. Dia ingin memberikan prestasi bagi skuad berjuluk "Garuda".

Terdekat, Elkan mau memberikan gelar kampiun Piala AFF pertama untuk Indonesia dengan menjuarai Piala AFF 2020 yang dimulai pada Desember 2021 di Singapura.

Baca Juga: Shin Tae-yong Ingin Pemain Keturunan Perkuat Timnas Indonesia, Ketum PSSI Bakal Tagih Nama

"Kami pergi ke turnamen itu dengan tujuan untuk menang dan menjadi juara, tidak sekadar bertanding," kata pria berusia 19 tahun itu.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar