facebook

5 Pemain Timnas Indonesia Andalan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020

Syaiful Rachman
5 Pemain Timnas Indonesia Andalan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020
Pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri melakukan selebrasi usai membobol gawang Taiwan (dok. PSSI).

Timnas Indonesia bertekad memenangi Piala AFF 2020.

Suara.com - Piala AFF 2020 akan berlangsung dalam hitungan pekan. Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia pun telah menyiapkan skuadnya secara matang untuk menyambut ajang dua tahunan tersebut.

Shin Tae-yong mengusung misi membawa Indonesia menjuarai Piala AFF 2020. Pasalnya, sejak turnamen ini diadakan pada 1996, belum sekalipun tim Merah Putih keluar sebagai pemenang.

Selain itu, Shin Tae-yong mengharapkan laga Piala AFF 2020 ini menjadi pembuktian akan kinerjanya yang telah berjalan satu tahun lebih.

Gelandang Timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman saat selebrasi usai membobol gawang Nepal (dok. PSSI)
Gelandang Timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman saat selebrasi usai membobol gawang Nepal (dok. PSSI)

Sejauh ini, pelatih asal Korea Selatan itu berhasil membawa Indonesia ke Kualifikasi Piala Asia 2023. Selain itu, peningkatan juga terlihat dari permainan tim Merah Putih.

Baca Juga: 4 Penyerang di Piala AFF 2020 yang Bisa Jadi Ancaman Timnas Indonesia

Dengan status pernah membawa Korea Selatan mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018, Shin Tae-yong pun ingin membuktikan kapasitasnya bersama Indonesia lebih jauh lagi.

Salah satunya dengan berbicara banyak di Piala AFF 2020. Kebetulan Indonesia juga berada di grup neraka karena tergabung bersama Vietnam dan Malaysia.

Untuk itu, Shin Tae-yong menyiapkan skuad terbaiknya guna menghadapi Piala AFF 2020 ini. Para pemain terbaik Indonesia di Liga 1, Eropa maupun naturalisasi dipanggil.

Dari 26 pemain yang dibawa, kira-kira siapa saja yang akan jadi andalan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 nanti?

1. Egy Maulana Vikri

Baca Juga: Berebut Posisi Bek Tengah Timnas, Alfeandra Dewangga Tak Anggap Elkan Baggott Saingan

Egy Maulana Vikri menjadi pemain yang paling sering dipanggil Shin Tae-yong. Pemain yang membela FK Senica itu memang dikenal bakat olah bolanya.

Sejak kehadiran Shin Tae-yong, pemain berusia 21 tahun ini sudah tampil 7 kali untuk Timnas Indonesia dengan total menit bermain sebanyak 261 menit.

Egy pun diyakini akan mendapat kepercayaan saat Timnas Indonesia tampil di Piala AFF. Satu tempat di lini serang dipastikan akan menjadi miliknya.

Pemain Persebaya Surabaya sekaligus penggawa Timnas Indonesia, Rachmat Irianto atau Rian (dok. Persebaya).
Pemain Persebaya Surabaya sekaligus penggawa Timnas Indonesia, Rachmat Irianto atau Rian (dok. Persebaya).

2. Rachmat Irianto

Selain Egy, pemain muda lainnya yang dipercaya Shin Tae-yong adalah Rachmat Irianto. Gelandang jangkar milik Persebaya ini kerap dipasang tepat di depan para pemain belakang.

Kepercayaan Shin Tae-yong terlihat di mana Rachmat Irianto dipercaya turun di Play Off Kualifikasi Piala Asia 2023 dan juga Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Ia bertugas untuk menghentikan serangan lawan, sekaligus menjadi konduktor serangan Indonesia dari lini belakang.

3. Witan Sulaeman

Tak hanya Egy saja pemain yang berkarier di Eropa dan dipercaya Shin Tae-yong. Ada juga nama Witan Sulaeman yang diyakini akan jadi andalan di Piala AFF 2020 nanti.

Witan masuk dalam bagian Timnas Indonesia senior dan U-23 saat menjalani Play Off Kualifikasi Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Dalam dua kesempatan itu, Witan berhasil mencetak dua gol dengan rincian satu di tim senior dan satu lagi di tim kelompok umur atau U-23.

4. Evan Dimas

Pemain Bhayangkara FC ini merupakan salah satu playmaker murni yang dimiliki Indonesia saat ini. Evan Dimas dicap sebagai salah satu pemain yang punya skill di atas rata-rata.

Kepercayaan Shin Tae-yong terhadap sosok Evan Dimas terlihat di mana eks Persija Jakarta itu ditunjuk sebagai kapten Timnas Indonesia.

Kualitas dan pengalamannya diyakini menjadi alasan mengapa Shin Tae-yong begitu mengandalkannya di tengah kepungan banyak pemain muda di skuad Timnas Indonesia saat ini.

5. Ricky Kambuaya

Babak Play Off Kualifikasi Piala Asia 2023 menjadi ajang unjuk gigi beberapa pemain. Salah satunya adalah Ricky Kambuaya.

Pemain milik Persebaya Surabaya ini mampu mencuri perhatian berkat skill olah bolanya dan ketajamannya di kotak penalti, termasuk kala menjebol gawang Taiwan di babak Play Off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Karena kemampuannya itu, ia masuk ke skuad untuk Piala AFF 2020. Maka tak mengherankan andai dirinya nanti mendapat menit bermain yang cukup di ajang dua tahunan itu.

[Penulis: Zulfikar Pamungkas]

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar