alexametrics

Bawa Argentina ke Piala Dunia 2022, Lionel Messi Rengkuh Ballon d'Or Ketujuh?

Rully Fauzi
Bawa Argentina ke Piala Dunia 2022, Lionel Messi Rengkuh Ballon d'Or Ketujuh?
Megabintang Timnas Argentina, Lionel Messi. [Andres Larrovere / AFP]

Argentina menjadi negara teranyar yang mengunci kelolosan ke Qatar 2022.

Suara.com - Lionel Messi turut andil mengantarkan Timnas Argentina menjadi negara teranyar yang mengunci kelolosan ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar. Dengan ini, akankah Messi jadi favorit pemenang trofi Ballon dOr 2021?

Pasalnya, dua nama yang konon jadi pesaing terberat Messi untuk mendapatkan Ballon d'Or terbaru, yakni penyerang Polandia Robert Lewandowski dan gelandang Italia Jorginho masih belum meloloskan timnya masing-masing ke Qatar 2022.

Usai gelaran jeda internasional November ini, Polandia dan Italia hanya mampu jadi runner-up grup di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Ini berarti tim Lewandowski dan Jorginho masih harus melalui babak play-off zona Eropa untuk memastikan tiket Piala Dunia 2022. 

Baca Juga: Argentina Lolos ke Putaran Final Piala Dunia 2022, Scaloni: Seperti Mimpi

Sebagai informasi, Jorginho, Lewandowski dan Messi memang dijagokan untuk meraih trofi individual bergengsi untuk pemain terbaik, yakni Ballon d'Or 2021, yang seremonialnya akan dihelat pada 29 November nanti.

Jorginho dijagokan karena meraih trofi bergengsi di sepanjang 2021, yakni Liga Champions bersama klubnya Chelsea dan Euro 2020 bersama Timnas Italia.

Sementara itu, Lewandowski tampil fenomenal di level klub. Hanya dari 40 pertandingan, Lewandowski mengemas 48 gol bersama Bayern.

Di sisi lain, Messi membawa Timnas Argentina kampiun Copa America 2021 setelah di final mengalahkan Brasil 1-0.

Penyerang Timnas Argentina, Lionel Messi melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Uruguay pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan di Estadio El Monumental, Buenos Aires, Senin (11/10/2021) pagi WIB. [ALEJANDRO PAGNI / AFP]
Penyerang Timnas Argentina, Lionel Messi. [ALEJANDRO PAGNI / AFP]

Sementara di level individu, penyerang 34 tahun berjuluk La Pulga itu menjadi top skor Liga Spanyol 2020/2021 bersama Barcelona dan juga jadi top skor Copa America 2021.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol: Brasil vs Argentina Imbang, Chile Keok

Fakta di atas membuat ketiga nama tersebut konon memiliki kans paling besar untuk menyabet trofi Ballon d'or 2021.

Akan tetapi, melihat fakta terkini, Messi bisa jadi lebih berpeluang meraih trofi Bola Emas ketimbang Jorginho ataupun Lewandowski.

Sebab, Messi sudah meloloskan Argentina ke Piala Dunia 2022, meski babak kualifikasi zona Amerika Selatan masih menyisakan lima matchweek.

Meski hanya bisa bermain imbang 0-0 dengan seteru abadinya, Brasil tadi pagi, Argentina tetap memastikan diri lolos langsung ke Qatar 2022.

Messi, yang telah mengoleksi enam trofi Ballon d'Or sepanjang kariernya (terbanyak sepanjang sejarah), tampil penuh 90 menit pada laga yang dihelat di Estadio San Juan del Bicentenario, Argentina tersebut.

Komentar