alexametrics

PSSI Targetkan Naturalisasi Sandy Walsh Selesai Awal Tahun 2022

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
PSSI Targetkan Naturalisasi Sandy Walsh Selesai Awal Tahun 2022
Pemain berpaspor Belanda keturunan Indonesia, Sandy Walsh. [Instagram@sandywalsh]

Begitu juga dengan proses naturalisasi tiga pemain lainnya.

Suara.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani menargetkan proses naturalisasi Sandy Walsh, Kevin Diks, Jordi Amat, dan Mees Hilgers selesai awal 2022.

Hasani memprediksi jika dokumen pemain-pemain tersebut sudah memenuhi persyaratan, prosesnya bakal cepat mengingat untuk kepentingan negara.

Adapun saat ini PSSI masih berkomunikasi dengan keempat pemain itu melalui agen. Disebutkan sebelumnya, baru tiga pemain yang menyatakan kesiapannya membela Timnas Indonesia yakni Sandy Walsh, Mees Hilgers, dan Jordi Amat.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).
Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Sementara untuk Kevin Diks belum memberikan respons. PSSI terus berkomunikasi berkaitan dengan dokumen-dokumen kelengkapan pemain tersebut agar prosesnya lebih mudah.

Baca Juga: Penjelasan PSSI Soal Perkembangan Empat Calon Pemain Naturalisasi

"Saya, sih menargerkan Januari-Februari ya, itu sudah jalan karena ini memang big news, negara juga butuhkan karena kita kejar prestasi dan segala macam," kata Hasani saat ditemui di Menara BNI, Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Hasani menegaskan jika semua dokumen persyaratan telah terpenuhi bakal ada surat pernyataan yang ditandatangani para pemain tersebut.

Beberapa dokumen yang salah satunya harus terpenuhi adalah pembuktian bahwa memiliki darah keturunan seperti dari kakek atau neneknya.

PSSI tidak mau kasus Marc Klok kembali terulang, di mana pemain milik Persib Bandung itu tak bisa menunjukkan dokumen darah keturunan yang membuatnya tak bisa membela Timnas Indonesia.

"Pemainnya kalau mau nanti, kan buat surat pernyataan, lalu dokumennya harus oke, lengkap. Makanya kita pakai agen itu supaya tidak salah," pungkasnya.

Baca Juga: PSSI Apresiasi Dukungan BPJamsostek bagi Kesejahteraan Pesepak Bola

Komentar