alexametrics

Aji Santoso Beberkan Resep Kemenangan Mencolok Persebaya atas Persib

Rully Fauzi
Aji Santoso Beberkan Resep Kemenangan Mencolok Persebaya atas Persib
Pelatih kepala Persebaya Surabaya, Aji Santoso. (ANTARA/HO-Official Persebaya Surabaya)

Persebaya menyarangkan tiga gol tanpa balas ke gawang Persib pada laga pekan ke-16 BRI Liga 1.

Suara.com - Persebaya Surabaya berhasil menang telak 3-0 atas Persib Bandung dalam partai klasik pekan ke-16 BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021) malam. Menang dengan skor mencolok, pelatih kepala Persebaya, Aji Santoso memuji habis penampilan anak-anak asuhnya yang menurutnya sudah sangat sesuai dengan instruksi saat latihan.

"Berkaca dari pertandingan melawan Persib di (turnamen pramusim) Piala Menpora beberapa bulan lalu, kami kena serangan dan gol cepat. Maka dari itu, di babak pertama kita berusaha menahan dan berakhir dengan skor 0-0," kata Aji soal laga semalam, seperti dikutip dari TIMES Indonesia --jaringan Suara.com, Kamis (9/12/2021).

Memasuki babak kedua, pelatih berlisensi AFC Pro itu pun menginstruksikan para penggawa Persebaya untuk lebih agresif dan lebih menekan Persib.

Pemain Persib Bandung, Henhen Herdiana (kiri) berebut bola dengan pemain Persebaya Surabaya, Bruno Moreira dalam laga BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021) malam. [ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko]
Pemain Persib Bandung, Henhen Herdiana (kiri) berebut bola dengan pemain Persebaya Surabaya, Bruno Moreira dalam laga BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021) malam. [ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko]

"Alhamdulillah kami dapat tiga gol di babak kedua. Saya sangat puas, penampilan yang luar biasa. Semuanya sesuai dengan latihan yang kami lakukan," ucap Aji bersyukur.

Baca Juga: Profil Taisei Marukawa, 'Samurai' Persebaya Peneror Gawang Persib Bandung

Kunci kemenangan Persebaya, lanjut Aji, adalah dengan memperbanyak kombinasi di sepertiga pertahanan lawan.

Berikutnya, para penggawa Bajul Ijo --julukan Persebaya Surabaya-- melakukan running behind the opponent dan straight pass. Itu semua memang terjadi, terutama pada gol ketiga melalui kerjasama Marselino Ferdinan dan Taisei Marukawa.

Marukawa sendiri, yang menyumbang dua gol untuk Persebaya di laga semalam, disebut Aji sebagai salah satu pemain terbaik Persebaya musim ini.

Ia pun berharap gelandang sayap asal Jepang itu mampu konsisten, bahkan meningkatkan performanya untuk pertandingan-pertandingan berikutnya.

Gol pertama Marukawa terjadi pada menit ke-57 melalui umpan lambung cantik dari M. Hidayat. Itu merupakan peluang emas pertama Persebaya setelah bertahan setengah babak dari gempuran Persib.

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1: Persebaya Hancurkan Persib 3-0 di Maguwoharjo

Melihat timnya kebobolan, pelatih Persib, Robert Alberts lantas merespons dengan memasukkan striker Geoffrey Castilion untuk menemani Wander Luiz di depan. Namun, ternyata dua penyerang tak menjamin Persib mampu membalas gol Marukawa.

Persebaya justru mampu menggandakan keunggulan, lagi-lagi lewat serangan balik cepat. Dimulai oleh Jose Wilkson pada menit ke-69 dan diakhiri dengan umpan satu-dua cantik Bruno Moreira bersama Marukawa.

Tertinggal 0-2 membuat Persib semakin panas. Pada menit ke-88, Wander Luiz hampir membukukan namanya di papan skor setelah ia berhasil menang duel dengan kiper Persebaya Ernando Ari.

Tapi, beruntung di gawang Persebaya masih ada pemain terakhir, yakni Arif Satria, yang berhasil mengamankan sarang Bajul Ijo dari ancaman kebobolan. Kebuntuan demi kebuntuan dirasakan para pemain depan Persib sebab Ernando Ari tampil begitu apik.

Saat pertandingan sudah memasuki menit terakhir waktu normal. Marukawa melakukan end game dengan kaki kirinya. Umpan terobosan dari Marselino yang membelah pertahanan Persib mampu dieksekusi Marukawa dengan sempurna.

Hasil ini sendiri memperpanjang rekor kemenangan Persebaya, sekaligus belum pernah kalah dalam 10 laga terakhir di Liga 1 2021/2022 serta meraih lima clean sheet.

"Yang jelas instruksi kami, tim pelatih Persebaya, adalah main dengan siapapun harus fighting spirit dan tidak melakukan kesalahan yang tidak penting di sepertiga pertahanan," tandas Aji Santoso.

Komentar