facebook

Hasil Piala Afrika: Pantai Gading Singkirkan Juara Bertahan, Guinea Ekuator ke 16 Besar

Arief Apriadi
Hasil Piala Afrika: Pantai Gading Singkirkan Juara Bertahan, Guinea Ekuator ke 16 Besar
Reaksi pemain depan Aljazair, Riyad Mahrez setelah pemain depan Pantai Gading Nicolas Pepe (tidak terlihat) mencetak gol ketiga dalam matchday terakhir Grup E Piala Afrika 2021 antara Pantai Gading dan Aljazair di Stade de Japoma di Douala pada 21 Januari 2022 . CHARLY TRIBALLEAU / AFP.

Juara bertahan Aljazair harus tersingkir di babak penyisihan setelah kalah 1-3 dari Pantai Gading di matchday terakhir Grup E.

Suara.com - Hasil Piala Afrika 2021 tadi malam, Kamis hingga Jumat (21/1/2022) dini hari WIB menyajikan empat pertandingan terakhir dari Grup E dan Grup F. Berikut rekapnya.

Tim nasional Pantai Gading memaksa Aljazair yang berstatus juara bertahan angkat koper lebih awal dari Piala Afrika 2021 setelah mengalahkan lawannya itu dengan skor 3-1 dalam laga pemungkas penyisihan Grup E di Stadion Japoma, Douala, Kamerun.

Meski lebih banyak menguasai bola, Aljazair hanya bisa memperoleh satu gol hiburan yang dicetak Sofiane Bendebka setelah gawang mereka bergantian dibobol oleh Franck Kessie, Ibrahim Sangare dan Nicolas Pepe.

Aljazair pulang dari Kamerun dengan raihan hanya satu poin dan finis sebagai juru kunci klasemen akhir Grup E, sementara Pantai Gading lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup dengan koleksi tujuh poin, demikian catatan situs resmi CAF.

Baca Juga: 5 Hits Bola: Ada Edouard Mendy, Ini 5 Kiper Top yang Mentas di Piala Afrika 2021

Sang juara bertahan sebetulnya nyaris membuka keunggulan lebih dulu melalui Ismael Bennacer pada menit ke-21, sayang tembakan Pemain Terbaik Piala Afrika 2021 itu masih membentur tiang gawang.

Semenit kemudian rekan setim Bennacer di AC Milan, Kessie justru berhasil membawa Pantai gading memimpin dengan sepakan kaki kirinya menyelesaikan umpan kiriman Pepe.

Aljazair berusaha membalas ketika memperoleh situasi sepak pojok pada menit ke-27, tetapi sundulan Ramy Bensebaini masih melenceng di sisi gawang.

Pantai Gading menggandakan keunggulan mereka enam menit jelang turun minum ketika bola tendangan bebas Serge Aurier disambut tandukan tajam Sangare yang gagal diantisipasi kiper Rais M'Mbolhi dan skor 2-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Unggul dua gol membuat Pantai Gading tampil lebih percaya diri memasuki babak kedua dan mampu memperlebar marjin setelah Pepe memanfaatkan operan Sebastien Haller untuk membuat gawang Aljazair kebobolan lagi pada menit ke-54.

Baca Juga: Hasil Bola Tadi Malam: Milan Dipecundangi Spezia, Kamerun Diimbangi Tanjung Verde

Aljazair memperoleh kesempatan untuk membalas saat memenangi hadiah tendangan penalti tiga menit kemudian, tetapi Riyad Mahrez yang menjadi algojo mendapati eksekusinya menghantam tiang gawang.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar