facebook

Hajar Timor Leste, Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik Tiga Peringkat

Arif Budi
Hajar Timor Leste, Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik Tiga Peringkat
Pertandingan Timnas Indonesia vs Timor Leste pada laga FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). (dok PSSI)

Ranking FIFA timnas Indonesia naik usai mengalahkan Timor Leste.

Suara.com - Timnas Indonesia berhasil mengkatrol ranking FIFA usai mengalahkan Timor Leste dalam laga persahabatan resmi pada Kamis (27/1/2022) malam WIB.

Digelar di Stadion I Wayan Dipta, skuad Garuda terus menekan lawan sejak menit awal. Namun, Timor Leste mampu membuat kejutan dengan membuka gol lewat Paulo Freitas oada menit ke-34.

Timnas Indonesia baru bangkit di babak kedua. Ricky Kambuaya mencetak gol penyeimbang pada menit ke-63. Kemudian Pratama Arhan mampu membalikkan keadaan lewat penalti di menit ke-72.

Dalam kurun waktu sekitar delapan menit, anak asuh Shin Tae-yong akhirnya unggul jauh dari Timor Leste. Hal itu karena terjadi gol bunuh diri di menit ke-74 dan 79.

Baca Juga: 5 Tim Favorit Juara Liga Champions Musim Ini, Manchester United Tak Termasuk

Timnas Indonesia pun mengunci kemenangan dengan skor 4-1. Hasil ini kemudian mendongrak posisi tim Merah Putih di ranking FIFA.

Melansir dari Footy Ranking, sebelumnya timnas Indonesia berada di posisi ke-164 dengan poin 993,96. Mereka menyebut jika anak asuh Shin Tae-yong menang dua kali, maka poin skuad Garuda bertambah 7,65.

Artinya dengan satu kemenangan ini, timnas Indonesia mendapatkan tambahan 3,82 poin, sehingga kini poin tital adalah 997,78. Oleh sebab itu, ranking FIFA tim Merah Putih kini naik tiga tingkat melewati Fiji, Barbados, dan Vanuatu.

Hitung-hitungan timnas Indonesia masuk pot 3 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Twitter/@FootyRankings)
Hitung-hitungan timnas Indonesia masuk pot 3 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Twitter/@FootyRankings)

Sementara itu, jika di laga kedua nanti lawan Timor Leste timnas Indonesia menang, anak asuh Shin Tae-yong akan mendapatkan poin lagi. Total poinnya menjadi 1001,61.

Dengan itu, Evan Dimas cs bisa menggeser Singapura di ranking FIFA. Jika ini terjadi, timnas Indonesia bisa masuk ke pot 3 di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga: Imbas Safuwan Baharudin Sindir Asnawi Mangkualam, Klub Liga Malaysia Diserang Netizen Indonesia

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar