facebook

Madura United Rekrut Asisten Pelatih Lokal

Rully Fauzi
Madura United Rekrut Asisten Pelatih Lokal
Asisten pelatih Madura United, Rahmad Basuki. (MO Madura United)

Rahmat Basuki dipromosikan dari tim U-18 ke tim senior Madura United.

Suara.com - Tim Liga 1, Madura United merekrut asisten pelatih lokal asal Pamekasan, Jawa Timur, Rahmad Basuki yang sebelumnya menjadi pelatih U-18 klub tersebut.

"Pelatih Madura United U-18 direkrut menjadi asisten pelatih Madura United senior, berdasarkan prestasi selama menjadi pelatih U-18," kata Media Officer Madura United, Ferdiansyah seperti dimuat Antara.

Rahmad Basuki menjadi pelatih Madura United U-18 sejak 2016 dan sosok ini mampu membawa klub sepakbola junior tersebut lolos ke babak perempatfinal Elite Pro Academy (EPA) pada musim kompetisi 2019.

Selain karena pertimbangan prestasi, perekrutan Rahman Basuki sebagai asisten pelatih Madura United untuk musim kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 sebagai pembelajaran.

Baca Juga: Tiba di Indonesia, Thomas Doll Langsung Pimpin Latihan Persija

"Saya menilai yang bersangkutan juga mampu menjadi asisten, atas dasar pengalaman lapangan menjadi pelatih Madura United U-18 selama ini," kata pelatih kepala Madura United, Fabio Lefundes.

Pelatih asal Brasil ini lebih lanjut menjelaskan, Rahmad Basuki resmi menjadi asisten pelatih Madura United sejak 19 Mei kemarin dan ia mampu beradaptasi dengan cepat dalam berbagai kegiatan tim yang digelar dalam dua hari terakhir ini.

Rahmad Basuki sendiri mengaku senang dipercaya menjadi asisten pelatih di tim senior. Disamping bisa membagikan pengalaman dirinya saat melatih tim junior.

"Saya senang sekali bisa dipercaya untuk naik ke tim senior, karena di tim senior ini saya juga bisa belajar lebih banyak dari pelatih berpengalaman sebagai dengan menjadi asisten pelatih," katanya.

Beberapa hal yang bisa dipelajari tentang teknik melatih dari pelatih Fabio Lefundes tentang manajemen waktu.

Baca Juga: Thomas Doll Ogah Pasang Target Juara Liga 1 Bersama Persija

"Mulai dari warming up sampai latihan inti, semua diatur dengan sedemikian rupa, dan dia juga tahu kesalahan kecil yang dibuat pemain," kata Basuki.

Dia berharap bisa mendapat banyak ilmu selama mendampingi Fabio Lefundes, karena dia tidak ingin berhenti sampai di level asisten pelatih.

Rahmad Basuki merupakan satu-satunya sosok lokal dalam jajaran tim pelatih, karena mayoritas tim pelatih berasal dari Brasil.

Menurut Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu (PBMB) Zia Ul Haq, perekrutan asisten pelatih oleh pelatih kepala di klub sepakbola berjuluk Laskar Sape Kerrap itu merupakan kebijakan penuh pelatih, karena manajemen klub sudah memasrahkan sepenuhnya kepala pelatih.

"Semua yang menjadi keputusan pelatih kita dukung, termasuk perekrutan asisten pelatih lokal. Kami yakin Fabio melakukan ini atas pertimbangan yang matang," ujar Zia Ul Haq.

[Antara]

Komentar