facebook

LIB Mulai Cek Kelayakan Stadion-stadion Tim Liga 1

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
LIB Mulai Cek Kelayakan Stadion-stadion Tim Liga 1
LIB sedang cek kelayakan stadion untuk gelaran Liga 1 2022/2023. (Dok. LIB).

Ada beberapa aspek yang menjadi perhatian pada saat dilakukan inspeksi

Suara.com - Jelang dimulainya musim kompetisi baru, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator mulai melakukan serangkaian persiapan. Salah satunya adalah melakukan inspeksi stadion yang akan digunakan para kontestan Liga 1 2022/2023.

Inspeksi stadion sudah mulai dilakukan. Berawal dari Stadion Segiri, Samarinda, Jumat (20/5/2022), Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (21/5/2022), dan Stadion Brawijaya, Senin (23/5/2022).

Direktur Operasional LIB, Sudjarno mengatakan, tujuan peninjauan ini adalah untuk melihat sejauh mana klub melakukan persiapan dalam menyambut kompetisi. Di antaranya aspek lapangan, area media, fasilitas ruangan, safety & security dan pengecekan lampu stadion.

"Rencananya semua akan kembali pada format home-away. Untuk itulah harus dilakukan serangkaian pengecekan stadion yang akan digunakan oleh klub Liga 1 nantinya. Kami melakukannya secara menyeluruh dan detail," kata Sudjarno dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Antusias! Thomas Doll Tunda Istirahat Demi Langsung Pimpin Latihan Persija

Selain beberapa aspek di atas, sisi broadcast pun juga tak luput dari perhatian. Ini mutlak diperhatikan karena menyangkut kesiapan dilakukannya siaran langsung di stadion yang akan dipakai untuk menyelenggarakan pertandingan.

“Kami juga terus berkomunikasi dengan klub jika terdapat aspek yang harus dibenahi. Dengan begitu, semua stadion yang akan dipakai, minimal memiliki standar yang hampir sama," terangnya.

Seperti yang diketahui, akibat pandemi Covid-19, kurang lebih selama dua tahun terakhir, banyak stadion yang menjadi home base klub-klub Liga 1 tidak terpakai atau tidak digunakan seperti biasanya. Situasi tersebut, dikhawatirkan mempengaruhi kondisi stadion.

“Di luar itu, saat ini, ada beberapa klub yang mendaftarkan stadion baru. Kami harus mengeceknya secara langsung,” pungkasnya.

Baca Juga: Tunjuk Dejan Antonic, Barito Putera Berkekuatan 33 Pemain di Liga 1 2022/2023

Komentar