facebook

Kalah Lawan Persikabo, Dzenan Radoncic Evaluasi Kekurangan Timnas Indonesia U-19

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Kalah Lawan Persikabo, Dzenan Radoncic Evaluasi Kekurangan Timnas Indonesia U-19
Dzenan Radoncic, asisten pelatih Timnas Indonesia. (dok. PSSI)

Tim Garuda Nusantara menyerah 1-3 dalam laga uji coba tersebut.

Suara.com - Timnas Indonesia U-19 mulai melakukan evaluasi usai dikalahkan tim Liga 1, Tira Persikabo dalam pertandingan uji coba akhir pekan kemarin. Beberapa kekurangan mulai diperbaiki usai kekalahan itu.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 kalah 1-3 di pertandingan itu. Adapun skuad Garuda Nusantara --julukan Timnas U-19-- sudah menggelar training camp (TC) selama sembilan hari di Jakarta.

Asisten pelatih Timnas U-19, Dzenan Radoncic teranyar menekankan latihan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang pemain lakukan. Diharapkan tidak ada lagi kesalahan saat melakoni pertandingan selanjutnya.

"Kami sudah bertanding melawan klub profesional kemarin (Persikabo), jadi di sesi latihan hari ini kami menghabiskan waktu untuk berlatih memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat di gim itu," terang Radoncic dalam rilis resmi PSSI yang diterima Suara.com, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga: Robin van Persie Jagokan Feyenoord Juara Liga Conference, Kalahkan AS Roma 2-1 di Final

"Jadi kita memikirkan hal itu dan kita mencoba untuk tidak membuat kesalahan yang sama terlalu sering. Tentu tidak mudah, tak mudah untuk menghapus kesalahan itu. Namun dalam sepakbola itu normal," sambung pelatih 38 tahun asal Montenegro itu.

"Kita coba untuk memperbaiki kesalahan itu. Kita juga mencoba untuk mengimplementasikan beberapa hal, seperti membangun kepercayaan sesama pemain dan komunikasi pemain untuk organisasi permainan yang lebih baik."

Asisten Shin Tae-yong itu pun mengungkapkan kesalahan-kesalahan yang diperbuat pemain saat uji coba kemarin. Menurutnya, banyak pemain sering buat keselahan sendiri sehingga merugikan tim.

"Kesalahan yang dibuat pemain (saat uji coba melawan Persikabo) itu adalah kesalahan individual, tidak menutup pergerakan lawan, tidak bergerak di saat yang tepat, tidak bertahan di waktu yang tepat. Tapi, saya kira tim ini sudah kompak di sepanjang laga, 30 menit kami bisa mengimbangi," tutur Radoncic.

"Lalu kami kebobolan mudah satu gol, dan itu saya kira pemain hilang konsentrasi. Jadi kami ingin memperbaiki hal-hal itu. Saya sudah katakan ke pemain soal itu dan mencoba menjelaskan ke mereka bagaimana memperbaikinya,” jelasnya.

Baca Juga: Gelar Laga Uji Coba dengan Penonton, PT LIB Apresiasi Persebaya dan Arema

Selain kesalahan-kesalahan itu, sang pelatih memuji beberapa permainan yang dilakukan anak-anak asuhannya. Menurutnya, ada beberapa mengalami peningkatan. 

“Di babak kedua, kami bermain imbang 1-1, kami bermain baik, kami mengontrol lapangan tengah, kami mengunci sela-sela yang bisa dilalui lawan untuk melakukan umpan-umpan terukur dan menciptakan beberapa peluang di babak ini. Kami membuat perkembangan yang bagus,” ungkapnya.

Adapun Timnas Indonesia U-19 sedang disiapkan untuk mengikuti Turnamen Toulon. Rencananya, skuad Garuda Nusantara akan kembali uji coba dengan tim Liga 1, yakni Persita Tangerang.

"Kami mempersiapkan tim untuk turnamen Toulon. Saya ingin pemain bisa mempercayai diri mereka sendiri dan bagaimana meningkatkan kepercayaan diri mereka," kata Radoncic.

"Dengan komunikasi yang baik, tetap bermain kompak, punya hubungan baik antar pemain dalam tim, koneksi yang baik antar lini dan itu kunci utama bagi kami, dan mungkin kita bisa mendapatkan kesempatan untuk menang,” tutupnya.

Turnamen Toulon 2022 rencananya akan berlangsung pada  29 Mei hingga 12 Juni mendatang. Pada turnamen tersebut, Indonesia berada di Grup B bersama Meksiko, Ghana,dan Venezuela. 

Selain untuk turnamen, Timnas Indonesia U-19 juga dipersiapkan untuk menghadapi Piala Dunia U-20 2023. Apalagi, Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang bergengsi tersebut.

Komentar